News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hukum Memindahkan Makam dalam Islam Menurut Habib Usman bin Yahya: ‘Haram Jika Tanpa Alasan yang Jelas’

Hukum Memindahkan Makam dalam Islam Menurut Habib Usman bin Yahya: ‘Haram Jika Tanpa Alasan yang Jelas’



WARTAJOGJA. ID - Doddy Sudrajat bikin heboh usai berniat memindahkan makam anaknya Vanessa Angel. Heboh menyoal keinginan ayah Vanesa Angel. Doddy Sudrajat berdalih ingin memindahkan makam Vanessa Angel karena adanya keinginan almarhum semasa hidupnya yang pernah mengatakan ingin dimakamkan dekat kuburan sang bunda.

Alasan lainnya adalah karena makam tersebut di pinggir jalan takut adanya pelebaran jalan dan pernah didatangi Vanessa Angel melalui mimpi.

Ternyata hukum soal pemindahn makam ini, juga dibahas dalam ajaran agama Islam. Bahkan Habib Usman bin Yahya menjelaskan bahwa haram memindahkan makam tanpa alasan yang jelas.

Dalam hal ini, ulama fiqih tidak membolehkan memindahkan kecuali dengan keadaan darurat. Contoh: Jika terletak di dekat sungai atau pantai dan membuat rembesan terbawa arus atau mayitnya terkena air kotor. Maka itu diperbolehkan untuk dipindahkan.

Sedangkan memindahkan makam untuk dekat dan berdampingan dengan makam keluarga maka itu tidak dibenarkan.

Karena memindahkan mayit bisa melanggar kehormatannya. Bisa jadi kelihatan aibnya dan lain-lain karena juga dalam hadis dijelaskan:

“Siapa orang yang mematahkan tulang mayit itu, sama seperti mematahkan tulangnya ketika dia masih hidup. Itu artinya ketika seseorang memindahkan mayit yang bisa menyebabkan patah tulangnya atau retak karena diangkat ataupun dipindahkan, maka kita telah melukai dan mencederai kehormatan mayit tersebut,” isi hadis soal pemindahan makam.

“Dan kita juga mengetahui bahwasanya Rasulullah dimakamkan di Masjid Nabawi dan Aisyah dimakamkan di pemakaman Bagi. Dan, tidak juga ada upaya ulama untuk memindahkan pemakaman tersebut,” tutup hadis tersebut.(*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment