News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

ShopeePay Semangat UMKM Lokal Hadir di Yogyakarta

ShopeePay Semangat UMKM Lokal Hadir di Yogyakarta


Seorang pengunjung sedang melakukan transaksi menggunakan ShopeePay sembari menikmati promo Cashback 90% di sentra kuliner Taste Food Malioboro (ist)


WARTAJOGJA.ID : Sebagai langkah konkret dan lanjutan untuk berkontribusi pada pemulihan bisnis UMKM dan ekonomi lokal, ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, menghadirkan program Semangat UMKM Lokal di Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Melalui program ini, ShopeePay ingin membantu meningkatkan visibilitas UMKM lokal agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen dengan fitur dan promo yang dihadirkan ShopeePay. Promo Cashback 90% ditawarkan ShopeePay khususnya di delapan sentra UMKM favorit di Yogyakarta, yaitu Kampung Kuliner Tiara Grahatama, Wawa Food Court Taman Tirto, Pujasera Pakualaman, Echo Mini Food Court, Food Court 135, Kuliner Lor Tugu, Taste Food Malioboro, dan Tik Tok Food Arena mulai 15-21 November 2021.
 
Pandemi masih menyisakan kisah perjuangan dan pemulihan bisnis para pelaku UMKM di Indonesia. Yogyakarta, sebagai salah satu kota sentra UMKM di Pulau Jawa, juga masih berjuang dalam memulihkan kembali ekonomi lokal dan bisnis pelaku UMKM. Berbagai upaya dilakukan guna mendorong bangkitnya bisnis UMKM, salah satunya adopsi teknologi yang bisa membantu bisnis dalam mendapat visibilitas yang lebih besar secara online. Berdasarkan informasi yang dibagikan pada Seminar Merajut Nusantara dengan tema Pemanfaatan IT dalam Mendukung UMKM Berdaya Saing, Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyebutkan bahwa berdasarkan data BPS, jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencapai lebih dari 521.000 yang tersebar di kabupaten dan kota. Sukamta menambahkan, dari jumlah tersebut sekitar 81,66% masih belum menggunakan internet dan memanfaatkan teknologi.
 
Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay mengatakan, “Program Semangat UMKM Lokal hadir sebagai upaya konkret dan berkelanjutan dari ShopeePay dalam rangka menghadirkan solusi dari hulu ke hilir bagi para pemilik UMKM di Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Terhadap situasi pandemi saat ini, adopsi teknologi guna memfasilitasi masyarakat bertransaksi dengan mudah, aman, dan memuaskan di seluruh gerai pemilik usaha menjadi salah satu kunci yang harus dilakukan untuk tetap menggerakkan roda bisnis. Kami berharap teknologi serta program Cashback 90% yang kami hadirkan di berbagai sentra UMKM di Yogyakarta dapat menyediakan keuntungan dan rasa aman bagi masyarakat dan pada saat yang bersamaan memberikan visibilitas yang lebih besar untuk pelaku usaha.”

Sejalan dengan komitmen ShopeePay untuk menyediakan akses pembayaran digital yang mudah, aman, dan memuaskan ke seluruh wilayah Indonesia, program Semangat UMKM Lokal berupaya merangkul lebih banyak UMKM lokal di Yogyakarta untuk masuk ke dalam ekosistem digital. Selain melalui promo cashback spesial Semangat UMKM Lokal yang dapat dinikmati secara offline di beberapa sentra UMKM, promo spesial ini juga dihadirkan untuk lebih banyak merchant makanan dan minuman yang bisa diakses melalui sebuah laman khusus ShopeePay Semangat UMKM Lokal di aplikasi Shopee.
 
Berhasil survive di awal pandemi berkat strategi tepat dan cepat
Pandemi pastinya membawa tantangan bagi pemilik usaha, tidak terkecuali usaha skala besar hingga kecil. Tantangan tersebut pun dialami oleh Rizka Wahyu Romadhona, Founder Bakpia Kukus Tugu Jogja bersama dengan tim di mana selama pandemi sempat ada penurunan penjualan Bakpia Kukus Tugu Jogja sebesar 90%. Namun, Rizka dan tim berhasil mengatasi tantangan tersebut masuk ke ekosistem digital sebagai salah satu strateginya.
 
Rizka mengatakan, “Kami tidak bisa mengelakkan dampak yang kami rasakan dari adanya pandemi. Target pasar kami yang mayoritas adalah wisatawan menjadi salah satu faktor penurunan penjualan Bakpia Kukus Tugu Jogja, terlebih karena pembeli yang merupakan masyarakat Jogja porsinya hanya sekitar 10%. Namun dengan strategi yang tepat dan cepat, kami bisa kembali bangkit dengan kampanye menarik ‘Kangen Yogyakarta Kami Kirim Bakpianya’ serta meluncurkan Bolu Kukus Tugu Jogja untuk menyasar masyarakat Jogja. Pemanfaatan teknologi dan ekosistem digital seperti memaksimalkan penjualan melalui marketplace, media sosial, serta adopsi pembayaran digital seperti ShopeePay untuk menjamin transaksi yang aman di gerai.”
 
Guna semakin mengembangkan bisnis dan jangkauan Bakpia Kukus Tugu Jogja yang kini telah memiliki total 53 outlet di Yogyakarta, Rizka bersama dengan tim terus mempertahankan kualitas dari produk yang dihadirkan, inovasi rasa, dan terus memanfaatkan teknologi guna memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah-ubah.
 
Upaya dalam mendukung pertumbuhan pelaku bisnis UMKM juga turut dilakukan oleh Hedar Alaydrus, Founder dan Ketua Umum Komunitas Pengusaha Kreatif Jogja (PKJ). Hedar mengatakan, “Saat ini memang dibutuhkan banyak dukungan untuk para pelaku UMKM untuk kembali bangkit dan pulih dari dampak pandemi. Komunitas PKJ pun terus menghadirkan berbagai program dukungan bagi pebisnis di dalam naungan komunitas. Kami percaya bahwa hadirnya program ShopeePay Semangat UMKM Lokal di Yogyakarta pun dapat menjadi angin segar bagi para pegiat usaha dan memberikan nilai tambah untuk menarik lebih banyak konsumen bertransaksi di gerai-gerai mereka dan menjangkau potensi pasar yang lebih luas lagi.”
 
Selama program Semangat UMKM Lokal berjalan, ShopeePay juga memperkenalkan Mitra Shopee sebagai layanan yang dapat membantu para pemilik warung tradisional di Yogyakarta dan kota lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan produk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, dan produk digital lainnya.
 
Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play Store dan segera aktifkan ShopeePay.
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment