News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Serunya Festival Prawirotaman, Ajang Bangkitkan Wisata Kampung Yogya Kala Pandemi

Serunya Festival Prawirotaman, Ajang Bangkitkan Wisata Kampung Yogya Kala Pandemi



Festival Prawirotaman 2021 mulai digelar Sabtu (13/11/2021).

WARTAJOGJA.ID : Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta serta berkolaborasi dengan Paguyuban Pengusaha Pariwisata Prawirotaman Yogyakarta dan Kelompok Kesenian Mergangsan, mulai menyelenggarakan acara Festival Prawirotaman 2021 Sabtu (13/11/2021).
 
Festival Prawirotaman merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk menunjukkan potensi dan eksistensi dari kampung Prawirotaman sebagai salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Kota Yogyakarta. 

Pada tahun 2021 ini, Festival Prawirotaman diselenggarakan secara hybrid hingga tanggal 13-14 November 2021 dan akan tayang di kanal Youtube Pemerintah Kota Yogyakarta dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta pada tanggal 24 dan 25 November 2021. 

"Sebanyak 27 kelompok seniman dan pengusaha pariwisata di Kelurahan ini telah menyiapkan sejak 2-3 bulan lamanya," kata Creative Director Festival Budaya Prawirotaman Ibnu Prabowo .

Ibnu mengatakan kegiatan ini mengusung Nyawiji Anggayuh Raosing Kautaman dimaksudkan sebagai upaya masyarakat untuk mengembalikan spirit pariwisata di Prawirotaman. 

"Prawirotaman terletak di tengah kota yang cukup dikenal dengan pariwisata dan budaya Jogja. Sehingga dalam membangkitkan pariwisata kami kolaborasikan dengan nilai-nilai budaya yang ada," ujar Ibnu.



Festival Prawirotaman 2021 mulai digelar Sabtu (13/11/2021).
 
Adapun Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, dalam sambutan pembukaan Festival Prawirotaman itu mengatakan tema Nyawiji Anggayuh Raosing Kautaman dimaksudkan untuk merajut kebersamaan setiap elemen pariwisata di Kampung Prawirotaman dalam rangka membangkitkan sektor pariwisata dan menguatkan nilai-nilai tradisi yang menjadi keutamaan kampung Prawirotaman.
 
Festival Prawirotaman 2021 diisi dengan berbagai kegiatan, meliputi; Pawai Kelompok Seni, Locus Art Performance, Talkshow, Jelajah Prawirotaman, Panggung Kesenian dan Lomba Vlog. Festival Prawirotaman 2021 menampilkan sederet atraksi menarik serta menampilkan bintang tamu Shaggy Dog.  
 
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyampaikan selain diperlukan rencana yang tepat mengenai upaya pengembangan, penataan juga pemeliharaan terhadap potensi wisata yang ada, juga diperlukan peningkatan promosi wisata yang optimal, kerjasama dan koordinasi yang strategis baik diantara  sesama pengelola kampung Prawirotaman, pemerintah dan swasta sehingga mampu meningkatkan jumlah kunjungan maupun lama tinggal wisatawan. 
 
Heroe berharap Festival Prawirotaman dapat mencapai tujuannya, sehingga ke depan pembangunan pariwisata di Kota Yogyakarta ini akan semakin optimal, kampung-kampung wisata dapat semakin dikenal, wisatawan akan semakin banyak yang berkunjung dan tentu saja perekonomian warga akan semakin meningkat. 
 
Selain dilangsungkan secara hybrid, pelaksanaan Festival  Prawirotaman 2021 juga  dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (Cak/Wit)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment