News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Anggota MPR RI Cholid Mahmud Beberkan Tantangan dan Upaya Antisipasi Perpecahan Bangsa

Anggota MPR RI Cholid Mahmud Beberkan Tantangan dan Upaya Antisipasi Perpecahan Bangsa


Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Cholid Mahmud dalam sosialisasi Pancasila di Gunungkidul Minggu (21/11)

WARTAJOGJA.ID : Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Cholid Mahmud menyebut
kehidupan berbangsa  dan bernegara telah mengantarkan bangsa Indonesia pada kondisi yang dinamis baik secara nasional maupun internasional. 

"Secara nasional, proses politik dan kepentingan politik sering membawa kepada friksi yang tajam antar komponen bangsa. Friksi ini sering sulit untuk didekatkan sehinggga menjadikan suasana sosial politik yang tegang," kata Cholid pada Minggu (21/11/2021), saat sosialisasi MPR di Ngawen Gunungkidul.

Senator asal DIY itu melanjutkan, 
ketegangan muncul dan terekspresikan dalam media sosial, ujaran dan diskusi-diskusi formal maupun tingkat angkringan. 

Selain itu orientasi ekonomi menimbulkan suasana kurang nyaman. Pemerintah lebih memihak kepada pemodal kuat dan pemodal asing untuk investasi strategis. 

"Suasana dan orientasi sosial politik dan sosilogis ini jika dibiarkan akan mengarah kepada pembelahan sosial dan mengarah kepada perpecahan bangsa. Di sinilah peran anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat sangat penting dan strategis untuk selalu mengingatkan agar kehidupan bernegara berbangsa dan bermasyarakat selalu dalam koridor nilai-nilai Pancasila," tegas Cholid.

Cholid lalu mengatakan bahwa  kedudukan Pancasila dalam negara Kesatuan Republik indonesia memiliki empat kedudukan penting, sebagai dasar dan ideologi negara, filosofische gronslag, pandangan hidup dan pemersatu bangsa.

Sebagai Dasar Negara berarti Pancasila menjadi dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara  bagi  seluruh warga negara Indonesia. 

"Pancasila sebagai ideologi negara, dapat dimaknai sebagai sistem kehidupan nasional yang meliputi aspek etika/moral, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan dalam rangka pencapaian cita-cita dan tujuan bangsa yang berlandaskan dasar negara. Dengan segala upaya dan usaha dengan berbagai sektor pemerintah dan masyarakat harus diupayakan," ujarnya.

Sebagai filsafat menjadi pondasi yang menyangga bangunan Negara agar kokoh, sekaligus merekat segala perbedaan menjadi satu kesatuan. Perbedaan kesukuan bahasa dan wilayah dan faktor sosiologis lainnya merupakan keistimewaan bangsa Indonesia dan disatukan dalamm filosofi ini.

Cholid berujar, sebagai ideologi negara Pancasila sebagai ideologi negara, dapat dimaknai sebagai sistem kehidupan nasional yang meliputi aspek etika/moral, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan dalam rangka pencapaian cita-cita dan tujuan bangsa yang berlandaskan dasar negara.

"Etika moral sosial budaya ini sekarang teruji dengan interkasi-interkasi yang semakin terbuka dengan kemajuan teknologi. Kemajuan ini diharapkan menguatkan nilai etika moral bukan menggerus nilai-nilai luhur ini," pungkasnya. (Cak/Rls).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment