News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Agar Belanja Online Tetap Menyenangkan dan Sesuai Kebutuhan

Agar Belanja Online Tetap Menyenangkan dan Sesuai Kebutuhan




BLORA : Ada banyak hal yang perlu diketahui dan disiapkan jika kita sudah mulai familiar dengan aktivitas belanja online.

Pengguna digital perlu memahami sejumlah tips and trik agar belanja online tetap nyaman dalam berbelanja dan sesuai kebutuhan dirinya.

"Prinsip utama belanja online, belilah barang sesuai kebutuhan bukan keinginan dengan membuat daftar sebelum belanja dan membeli yang sesuai daftar saja," kata Kepala Seksi Aplikasi Informatika Dinas Kominfo Blora Nur Khamid saat menjadi pembicara webinar literasi digital bertema "Aman Saat Belanja Online" yang digelar Kementerian Kominfo untuk masyarakat Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis (4/11/2021).

Dalam webinar yang diikuti ratusan peserta itu, Nur mengatakan agar pengguna hanya berbelanja pada situs yang aman.

"Cek, apa terdapat gambar gembok pada status bar situs itu. Ini untuk memastikan bahwa website online shoping memiliki fasilitas penjamin keamanan dan kerahasiaan kartu kredit yang berfungsi untuk mencegah pencurian informasi kartu kredit," kata dia.

Nur mengajak pengguna membaca peraturan kebijakan situs dan memastikan penjual online bisa menjamin keamanan dan kerahasiaan data pribadi konsumen.

Seperti misalnya penjual online menyatakan bahwa tidak akan memberikan informasi pribadi pembeli kepada pihak lain tanpa persetujuan dari pihak pembeli. Juga soal kebijakan pengembalian barang atau penggantian uang jika terdapat ketidak sesuaian dengan kesepakatan.

"Dalam belanja online, jangan sampai tergiur dengan harga produk yang murah dan tak masuk akal, pastikan terlebih dahulu kualitasnya, kesesuaian dan keaslian produk dengan cara baca deskripsi produk teliti dan jika ada yang kurang jelas tanyakan ke penjual," kata dia.

Jangan anti pula membaca ulasan dari konsumen lain jika membeli produk khususnya sandang seperti baju, celana, dan sepatu.

"Aman belanja online dengan periksa harga total. Harga barang biaya bungkus dan ongkos kirim, bandingkan dari beberapa situs penjualan dan manfaatkan jika ada potongan harga," kata dia. Namun tetap prinsipnya harga barang mesti standar produk di pasar.

"Jika diminta untuk mengirimkan uang muka DP sebaiknya batalkan transaksi itu. Coba manfaat sistem COD dan simpan bukti transaksi," kata dia.

Ada berbagai resiko dalam belanja online yang harus diwaspadai. Khususnya dari sisi keuangan, karena resikonya kondisi keuangan bisa memburuk akibat suatu pembelian di luar kebutuhan.

Narasumber lain webinar itu, CEO Sempulur Craft Imam Wicaksono mengatakan belanja online jika benar pemanfaatannya membawa  keuntungan cukup banyak.

Beberapa keuntungan itu seperti  banyak di akses, karena tidak dimungkiri diskon kerap menjadi fokus utama meledaknya marketplace.

"Harga produk dari belanja online juga biasanya bersaing. Pembeli dapat membandingkan harga dengan mudah tanpa harus menjalin komunikasi langsung," kata dia.

Selain itu, cara pembayarannya belanja online beragam. Bisa antar rekening atau memakai jasa pihak ketiga.

Webinar itu juga menghadirkan narasumber media planner Ceritasantri.id Aina Masrurin, entepreneur Widiasmorojati, serta dimoderatori Nindy Gita dan Dede Fajar Kurniawan selaku key opinion leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment