News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Literasi Digital Sama Pentingnya dengan Membaca

Literasi Digital Sama Pentingnya dengan Membaca




Purworejo –  Pada masa pandemi Covid-19 setiap individu perlu menguasai literasi digital. Kecakapan penting ini dibutuhkan untuk beradaptasi di zaman yang penuh dengan lautan informasi. Kecakapan tersebut juga diperlukan untuk mengantisipasi penyebaran informasi negatif.

“Literasi digital sama pentingnya dengan membaca, menulis dan pembelajaran ilmu lainnya. Setiap orang hendaknya dapat bertanggung jawab terhadap penggunaan teknologi untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya,”  ujar Sukmo Widi Harwanto, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo.

Saat menjadi narasumber webinar literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk masyarakat Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (9/9/2021), Sukmo menjelaskan pandemi menjadikan kegiatan yang sebelumnya dapat dilakukan secara tatap muka, terpaksa dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.

“Seperti penjualan dan pekerjaan kantor. Keadaan ini menjadikan semua pihak tergagap-gagap untuk mengantisipasinya. Contohnya dunia pendidikan,” terangnya.

Sebelumnya, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan tatap muka, kemudian harus dilakukan dengan sistem dalam jaringan (daring). Ini merupakan sebuah masalah tersendiri bagi guru dan siswa.

“Guru dan siswa yang sebelumnya belum atau tidak mengenal sistem pembelajaran daring, tiba-tiba dituntut dapat berinteraksi dalam pembelajaran dengan sistem daring,” kata dia.

Diakui, pendidikan pada era digital memang mengubah aktivitas pembelajaran yang konvensional menjadi lebih modern dan praktis. Pemanfaatan teknologi digital memang tak bisa dipisahkan dari aktivitas pendidikan saat ini.

Alhasil, lanjut dia, sikap dan perilaku siswa dalam keseharian juga terpengaruh. Guru dan siswa harus mempunyai keterampilan khusus untuk menghadapi perubahan kebudayaan yang serba cepat. Inilah yang dikenal sebagai Keterampilan Abad 21.

Narasumber lainnya, Kepala SMAN 10 Purworejo, Setyo Mulyaningsih, juga mengakui pembelajaran online berdampak terhadap guru, siswa dan orang tua.

Dirinya sepakat literasi digital sangat penting dalam masa pembelajaran daring. Sebab, lingkungan belajar peserta didik lebih banyak bersentuhan dengan dunia digital.

Dipandu moderator Safiera Aljufry, webinar bertema Keterampilan Digital yang Wajib Dikuasai Siswa dan Guru di Masa Pandemi Covid-19 ini juga menghadirkan narasumber Iqbal Aji Daryono (Penulis & Kolomnis), Seno Adi Nugroho (Entrepreneur & Co-Founder Rempah Karsa), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) sebagai Keynote Speaker dan Aprilia Ariesta (Content Creator) sebagai Key Opinion Leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment