News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Internet Mengubah Gaya Hidup, Waktu Berlangsung Cepat

Internet Mengubah Gaya Hidup, Waktu Berlangsung Cepat




Tegal – Penggunaan internet secara siginifikan sangat mengubah gaya hidup maupun pandangan masyarakat.  Berbagai saluran tidak bisa lepas dari keberadaan internet baik dari aspek pribadi maupun komunitas.
Mulai dari lowongan pekerjaan, pribadi, seni, perpustakaan, gaya hidup, belanja, musik, olahraga, games dan lainnya, saat ini bisa diakses melalui internet.

”Penggunaan internet juga mengubah tuntutan zaman dari waktu ke waktu, berlangsung cepat dan tanpa memandang apa dan siapa,” ungkap Syamsul Arifin, Pengasuh Ponpes Misbahul Huda Al-Amiriyah Kambangan Kabupaten Tegal, saat menjadi narasumber webinar literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk masyarakat Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (16/8/2021).

Penggunaan internet secara masif, lanjut dia, memunculkan apa yang dinamakan dengan disrupsi. “Disrupsi menuntut pengguna untuk melakukan perubahan sejalan dengan tuntutan teknologi, apabila tidak segera beradaptasi maka akan tertinggal jauh,” terangnya.

Diakui, efek penggunaan internet adalah positif dan negatif. Akan tetapi kebanyakan pengguna tidak mengetahui konsekuensinya dalam menggunakan internet. Inilah pentingnya penggunaan internet secara bijak dan tepat. “Tepat penggunaan dan bijak dalam pemanfaatannya,” tambahnya.

Narasumber lainnya, Hartanto selaku Dosen dan Asisten Ahli Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Respati Yogyakarta, dalam kesempatan itu antara lain memaparkan tentang kehadiran media sosial yang hingga sekarang sepertinya belum mampu terlepas dari hoaks.

Menurut dia, hoaks telah menguasai perbincangan warga. Artinya, media sosial sebagai wadah berbincang dan bertukar informasi antara satu dengan yang lain yang mestinya memberikan dampak positif, sayangnya justru menjadi arena penyampaian opini, ujaran penuh kebencian alias hate speech dan berita-berita palsu alias hoaks.

Dipandu moderator Harry Perdana, webinar yang mengangkat tema “Menguatkan Kebangsaan Antisipasi Radikalisme Digital” kali ini juga menghadirkan narasumber Anang Masduki (Dosen Ilmu Komunikasi UAD), Eka Y Saputra (Web Developer & Konsultan Teknologi Informasi), dan Meivya Farda (Content Creator - Beauty Enthusiast) sebagai Key Opinion Leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment