News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Digital Marketing Efektif Menarik Perhatian Pelanggan

Digital Marketing Efektif Menarik Perhatian Pelanggan




Wonosobo – Digital marketing atau pemasaran secara digital sampai saat ini terbukti masih tetap menjadi salah satu metode paling efektif untuk menarik atensi atau perhatian pelanggan dan followers, saat berburu produk yang mereka inginkan di e-market.

“Untuk dapat meningkatkan eksposur dan penjualan, maka diperlukan aktivasi strategi digital yang kuat dan tindak lanjut yang konsisten pada praktiknya,” ungkap Mohammad Adnan (CEO Viewture Creative Solution), saat menjadi narasumber webinar literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk masyarakat Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu (29/9/2021).

Pertanyaannya, lanjut dia, lalu apa saja yang diperoleh dan bagaimana cara menggunakan digital marketing untuk mengoptimalkan e-market. Menurut dia, ada banyak cara untuk merebut atensi itu. Satu di antaranya adalah melalui Search Engine Optimization (SEO).

“SEO merupakan teknik untuk mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian google. Sebagian utama traffic pada website datangnya dari mesin pencarian,” jelasnya.

Adapun cara kerja SEO adalah dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya konten yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh para pengguna mesin pencarian.

Adnan kemudian memberikan sembilan jurus jitu yang dapat membuat website muncul pada page pertama mesin pencarian Google. Yaitu, buat konten yang sesuai dengan search intent, buat tag judul dan penjelasan konten halaman yang menarik, optimalkan isi konten dengan menambahkan foto yang tepat, optimasi kecepatan website.

Kemudian, gunakan internal link dan inbound link, perhatikan tampilan website untuk menciptakan user experience yang baik, sertakan keyword dalam URL, buat konten dengan bahasan topik yang mendalam, pantau performa situs dengan Google Analytics dan Google Search Console.

Narasumber lainnya pada webinar bertema ”Kreatif dan Produktif Melalui e-Market di Dunia Digital” kali ini, Diyamon Prasandha selaku Pengajar Bahasa dan Sastra Indonesia, antara lain menjelaskan tentang urgensi netiket.

“Kita semua manusia bahkan sekalipun berada di dunia digital, jadi ikutilah aturan sesuai dalam kehidupan nyata. Pengguna internet berasal dari bermacam negara yang memiliki bahasa, budaya dan adat istiadat berbeda,” ucapnya.

Dipandu moderator Nabila Nadjib, webinar juga menghadirkan narasumber Rahmat Afian Pranowo (Fasilitator Nasional), Widiasmorojati (Entrepreneur), Afif Nur Hidayat (Bupati Kabupaten Wonosobo) sebagai Keynote Speech, Ganjar Pranowo (Gubernur Provinsi Jawa Tengah) sebagai Keynote Speech dan Ken Fahriza (Data Analyst/Influencer) sebagai key opinion leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment