News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bijak Berkomentar di ruang digital  

Bijak Berkomentar di ruang digital  




Grobogan: Sosial media memberikan ruang bagi siapapun untuk memberikan konten dan berkomentar, namun tak jarang komentar-komentar yang diberikan netizen terkesan tak bijak. Hal ini tentu sangat merugikan banyak pihak, bahkan yang berkomentar karena bisa kena sanksi.
 
Untuk itu kementrian komunikasi dan informasi menggelar webinar dengan tajuk bijak berkomentar di ruang digital bersama gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dosen Hukum Internasional UPN Yogyakarta Fauzan dalam webinar tersebut mengatakan perlunya gerakan nasional literasi nasional 2021 agar masyarakat paham dalam menggunakan sosial media sebagai literasi digital.
 
Fauzan menjelaskan pentingnya menumbuhkembangkan budaya digital yaitu konsep yang menggambarkan gagasan bahwa teknologi dan internet secara signifikan membentuk cara kita berinteraksi, berperilaku, berpikir, dan berkomunikasi sebagai manusia dalam lingkungan masyarakat.
 
kedua Budaya digital adalah bentuk gaya hidup (lifestyle) manusia saat ini yang tidak terlepas dari penggunaan dan pemanfaatan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari. ketiga Budaya digital telah menjadi tatanan kehidupan baru masyarakat dan mempengaruhi gaya interaksi mereka sehingga menimbulkan kebiasaan baru, seperti berselancar di media sosial, belanja online, pembayaran digital, pendidikan online, work from home. 
 
"Budaya digital sejatinya merupakan hasil olah pikir, kreasi, dan cipta karya manusia berbasis teknologi internet." katanya.
 
Sementara itu pembicara kedua Murniandhany Ayusari menjelaskan Menerapkan Etika Bermedia Sosial, Menurutnya Kenapa etika penting ? Etika memiliki peranan penting bagi seseorang dalam membangun hubungan, kepercayaan, hingga membentuk citra yang baik.
 
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berkomentar yakni Berikan komentar sesuai konteks permasalahan, Hargai pendapat orang lain, Gunakan bahasa yang sopan, Hindari menyerang latar belakang orang lain " Lalu Pikirkan kembali sebelum berkomentar," katanya.(*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment