News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ada Nilai Lebih pada Pembelajaran Online

Ada Nilai Lebih pada Pembelajaran Online





Boyolali – Pada masa-masa krisis,  terutama dua tahun belakangan, lembaga pendidikan tak ubahnya medan perang melawan Covid-19. Namun begitu pendidikan tidak boleh berhenti.

Solusinya adalah melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan memanfaatkan teknologi digital. Terlepas dari resistansinya, ada nilai pada pembelajaran online dibanding pembelajaran konvensional tatap muka.

“Pembelajaran online memiliki kelebihan dari sisi fleksibilitas, interaktivitas, kecepatan dan peluang. Prinsip pembelajaran digital adalah komunikasi dan kolaborasi pendidik dengan peserta didik,” ujar Ali Formen Yudha, Dosen Pendidikan Anak Unnes, saat menjadi narasumber webinar literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk masyarakat Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (28/7/2021).

Kelebihan lainnya adalah tercipta komunikasi dan kolaborasi antar-siswa. Sedangkan dari aspek teknik, pembelajaran model ini mengharuskan guru maupun murid harus aktif. Selain itu, umpan baliknya juga relatif cepat.

Melalui webinar bertema “Metode Pembelajaran di Era Digital” kali ini, Ali juga menjelaskan pentingnya literasi digital, cakap digital, etika digital, keamanan digital dan budaya digital, untuk mengiringi jalannya pembelajaran online.

Cakap digital adalah kemampuan individu dalam mengetahui, memahami dan menggunakan perangkat  keras dan piranti lunak Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) beserta sistem operasi digitalnya.

Adapun aspek kecakapan digital lebih pada pengetahuan dasar mengenai lanskap digital, internet dan dunia maya, pengetahuan dasar mengenai mesin pencarian informasi, cara penggunaan dan pemilahan data maupun pengetahuan dasar mengenai aplikasi percakapan dan media sosial.
Pengetahuan dasar lainnya yang perlu dipahami oleh peserta didik yaitu aplikasi dompet digital, lokapasar (marketplace) dan transaksi digital.

Narasumber lainnya, Musta'in selaku Pengawas Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Jepara, antara lain menjelaskan tentang peluang sekaligus tantangan pengamalan nilai-nilai Pancasila di ruang digital.

Secara umum, pengertian era digital adalah suatu kondisi kehidupan atau zaman di mana semua kegiatan yang mendukung kehidupan sudah dipermudah dengan adanya teknologi. Bisa juga dikatakan bahwa era digital hadir untuk menggantikan beberapa teknologi masa lalu agar jadi lebih praktis dan modern.

Dipandu moderator Mafin Rizqi, webinar juga dihadiri narasumber Heru Prasetia (Pegiat Literasi Media), Budi Wulandari (Konselor Psikologi dan Anak), Tyra Lundy (MC dan TV Presenter) selaku key opinion leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment