News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Membanggakan, 6 Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY Berhasil Lolos ke PIMNAS ke-34

Membanggakan, 6 Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY Berhasil Lolos ke PIMNAS ke-34


Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil lolos PIMNAS ke-34. 

WARTAJOGJA.ID: Sebanyak 6 Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil lolos PIMNAS ke-34. 

Ke-enam mahasiswa tersebut terbagi ke dalam 2 Tim PKM yang berbeda. Tim PKM-RSH terdiri dari: Vicky Alfina P, M. Noor Cahyadi, Ahmad  Syafiqurrahman, M. Miftahul Ahsan, dan Nita Aribah Hanif. Selanjutnya Tim PKM-PI adalah Galih Prasongko. 

Prodi Ilmu Pemerintahan UMY memiliki komitmen untuk meningkatkan kompetenso dam prestasi mahasiswa melalui PKM untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. 

“Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni” ujar Tunjung Sulaksono selaku Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan UMY. 
 
Galih Prasongko, Mahasiswa IP 2019 menjelaskan bahwa PKM yang dia ambil dalam PIMNAS kali ini. 

"Awalnya itu berasal dari desa binaan UKM Pramuka bertepatan di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo yang memiliki UMKM pengolahan kulit buah kakao. Nah Tim PKM kami disini hadir karena di desa tersebut terkendala alat produksi dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Dengan adanya alat yang berhasil kami rancang Alhamdulillah produksi mengalami kenaikan." ucapnya.
 
"Tim PKM ini berasal dari buah diskusi bareng sama temen-temen. Setelah itu kami ajukan proposal sebagaimana urutan proses dan lain sebagainya. Alhamdulillah tema yang kami bawa tentang collaborative governance dalam penanganan Covid-19 berhasil lolos ke PIMNAS." ucap Vicky Alfina Selaku Ketua Tim PKM-RSH.

Kebijakan baru Mendikbud yang tertuang dalam Kepmendikbud No 754/P/2020 tentang 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) yang menjadi landasan transformasi pendidikan tinggi di Indonesia. 

Dalam 8 IKU tersebut penilaiannya berdasar beberapa hal dan yang langsung berhubungan dengan mahasiswa adalah lulusan PT mendapatkan pekerjaan yang layak serta mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus. Hal ini sesuai dengan program kreativitas mahasiswa ini.
 
Sakir Ridho Wijaya selaku PIC PKM Prodi Ilmu Pemerintahan UMY menambahkan bahwa Prodi Ilmu Pemerintahan UMY senantiasa memfasilitasi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi dan prestasi melalui kegiatan perkuliahan di luar kampus. Selain itu, mahasiswa didampingi dalam proses penyusunan proposal PKM secara intensif hingga persiapan PIMNAS. 

“Prodi IP UMY senantiasa memfasilitasi mahasiswa untuk meningkatkan prestasi melalui kegiatan di luar kampus. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan supaya memiliki daya saing dan mendapatkan pekerjaan yang layak," ujarnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment