News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ke MAN 1 Yogyakarta, Menteri Agama Apresiasi Prestasi Guru dan Siswa

Ke MAN 1 Yogyakarta, Menteri Agama Apresiasi Prestasi Guru dan Siswa


Gus Yaqut di MAN 1 Yogyakarta Rabu (29/9)


Yogyakarta: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambangi 
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta Rabu (29/9).

Kunjungan itu dilakukan Menteri Agama untuk memberikan arahan sekaligui apresiasi langsung kepada sekolah, guru, dan siswa di MAN 1 Yogyakarta yang mengukir prestasi internasional belum lama ini.

"Perkembangan MAN 1 Yogyakarta sejauh ini ternyata sangat luar biasa, dan ini dibuktikan dengan segudang prestasi baik guru dan siswa tak hanya dikancah nasional tetapi juga di kancah internasional," kata menteri yang akrab disapa Gus Yaqut.

Gus Yaqut pun mencontohkan, belum lama ini, meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, para guru dan siswa MAN 1 Yogyakarta mengukir prestasi internasional yang mengharumkan nama bangsa Indonesia.

"Ada guru MAN 1 Yogyakarta yang meraih dua gold medal sekaligus di ajang internasional untuk riset difable dan satu siswa meraih gold medal bidang sejarah di kancah internasional juga," kata Gus Yaqut.

Adapun siswa yang meraih prestasi internasional itu yakni siswa kelas X MAN 1 Yogyakarta, Karang Jimbaran Setyatrisila, yang berhasil menjadi juara pada perhelatan Conference Of Young Social Scientists (ICYSS) 2021 yang dihelat secara online yang berpusat di Belgrade, Serbia, Eropa pada Juni 2021 lalu. Siswa itu meneliti tentang kerukunan umat beragama di kampung halamannya Karangasem, Bali.

"Siswa ini menurut saya luar biasa, dengan seusia itu membuat karya tentang toleransi umat Hindu dan Islam dari pengalaman sehari-hari di kampung halamannya, bagaimana bisa harmonis dan tidak ada persoalan, saya kira tidak banyak yang seperti ini," tegas Gus Yaqut.

Dengan prestasi itu, Gus Yaqut menuturkan Madrasah makin menjadi lembaga pendidikan yang menjadi pilihan utama masyarakat untuk mensekolahkan anak-anak mereka ke depan.

"Madrasah menjadi satu destinasi, satu tujuan lembaga pendidikan yang dapat dibanggakan dengan segudang prestasinya, seperti MAN 1 Yogyakarta ini," kata Gus Yaqut.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd.I. bersyukur dengan penyerahan penghargaan yang langsung diberikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas itu.

"Alhamdulillah Menteri Agama langsung yang menyerahkan langsung penghargaan kepada guru dan siswa berprestasi itu, ini tentu akan memberi semangat tersendiri bagi para guru, sekolah, siswa,  tenaga kependidikan lain untuk makin baik ke depannya," kata Wiranto.

Wiranto menuturkan, MAN 1 Yogyakarta selama ini memang mendorong peningkatan kualitas salah satunya dengan mendorong riset riset agar menjadi tradisi para guru juga siswa. Pihaknya berharap dari tradisi akademis yang kuat itu ke depan makin menjadikan MAN 1 Yogyakarta semakin dipenuhi ukiran prestasi dan menjadi barometer di madrasah-madrasah yang lain.

"Harapan kami dengan prestasi prestasi itu, makin dapat tercapai seperti slogan MAN 1 Yogyakarta:  Prestasi Tiada Henti, Cerdas dan Islami, Menuju Kelas Dunia," kata Wiranto.

Siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta, Karang Jimbaran Setyatrisila yang berhasil menjadi juara pada perhelatan Conference Of Young Social Scientists (ICYSS) 2021 yang dihelat secara online yang berpusat di Belgrade, Serbia, Eropa pada Juni 2021 lalu juga bersyukur atas prestasi itu.

Pada perlombaan yang diikuti 11 negara dari seluruh dunia itu, Karang meraih medali emas untuk penelitian di bidang sejarah. 

"Penelitian saya berfokus pada  kerukunan antar umat beragama Hindu dan Muslim khususnya di Karangasem Bali," kata Karang.

Karang berharap dari penelitian itu ia sebenarnya hanya ingin kehidupan toleransi dan kerukunan antar umat beragama dapat lebih terjaga di berbagai tempat di Indonesia. 

"Apalagi sekarang bukan masanya perang antar kerajaan, seharusnya bisa lebih terjaga kerukunannya," kata Karang. (Dho/Cha)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment