News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pesan Kapolda DIY Saat Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Progo 2021

Pesan Kapolda DIY Saat Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Progo 2021


Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Asep Suhendar, M.Si memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Progo 2021, Senin (20/09/20201) di halaman Mapolda DIY. 

WARTAJOGJA.ID  Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Asep Suhendar, M.Si memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Progo 2021, Senin (20/09/20201) di halaman Mapolda DIY. Kegiatan tersebut diikuti oleh personel yang terlibat sesuai dengan surat perintah Kapolda DIY. Apel gelar ini dilaksanakan dengan tetap mengedepankan standar protokol kesehatan.

Dalam arahannya Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Asep Suhendar, M.Si menyampaikan bahwa Operasi Patuh Progo digelar selama 14 hari mulai tanggal 20 September s/d 3 Oktober 2021 yang melibatkan 980 personel Polda DIY dan jajaran. 

Kegiatan Operasi Patuh Progo 2021 ini bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan dan mendisiplin masyarakat dalam hal tertib berlalu lintas. Kegiatan dilaksanakan dengan mengedepankan upaya presuasif artinya mengedepankan upaya prefentif, preemtif, dan edukasi. Kegiatan yang berkaitan dengan pendisiplinan protokol kesehatan mungkin merupakan hal baru dalam kegiatan ganjil genap di tempat-tempat wisata yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Lanjut bintang dua ini, jangan sampai kegiatan wisata atau kegiatan masyarakat malah menambah jumlah kasus positif atau merubah ppkm level 3 menjadi level 4. 

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Pejabat Utama Polda DIY. Dirlantas Polda DIY Kombes Pol. Iwan Saktiadi, SIK., MH., M.Si. menyampaikan bahwa operasi ini berkonsep murni, 100% prefentif, preemtif, kemudian edukatif dan humanis dalam artian untuk mengiringi upaya pemerintah dalam mengendalikan covid-19 selain itu juga dilakukan pembatasan ganjil genap di daerah wisata yang sudah ditentukan oleh pemerintah dan sudah dimulai dari minggu lalu. Adapun daerah wisata sendiri adalah Tebing Breksi, Gembira Loka, dan Hutan Pinus Mangunan.

Pencegahan penyebaran covid dan upaya penurunan level PPKM di setiap Polda atau setiap daerah merupakan salah satu dari konsep yang diusung pada operasi Patuh Progo kali ini. Tindakan yang diberikan juga akan disesuaikan dengan kondisi Covid sekarang, dimana anggota Polri akan menertibkan masyarakat dengan 5M, melaksanakan 3T, dan melaksanakan tindakan-tindakan bersifat edukatif agar terus memenuhi protokol kesehatan agar tercapai tujuan pemerintah dalam pencegahan penyebaran covid-19.

Lebih lanjut Dirlantas menyampaikan bahwa telah dibuka 3 lokasi wisata semenjak minggu lalu dengan tataran percobaan dan telah melibatkan sebanyak 980 personil Polda DIY dan Jajaran yang tersebar di 5 Polres dan Satker yang dibagi menjadi beberapa sub satgas yang bekerja berdasarkan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Jika selama operasi ada penindakan bersifat statik artinya tidak ada kegiatan Polri yang melaksanakan razia untuk mendapati masyarakat yang melakukan pelanggaran. Penindakan akan dilakukan bersifat Etle dan penindakan-penindakan atas pelanggaran kasat mata yang bisa membahayakan pengendara lain.

Demikian konsep operasi, target operasi, serta cara bertindak Operasi Patuh Progo 2021. Semoga apa yang dilakukan dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan tujuan pemerintah yaitu pencegahan penyebaran covid-19.

Dapat kami tambahkan, terhitung minggu lalu (sabtu minggu) Polda DIY dan jajaran menerapkan cara bertindak ganjil genap pada 3 daerah wisata berdasarkan intruksi mendagri No. 42 Tahun 2021 dimana pemberlakuan ganjil genap bertujuan untuk mencegah ledakan kunjungan wisata. Adapun 3 daerah wisata tersebut adalah GembiraLoka, Tebing Breksi, Hutan Pinus Mangunan masih dalam tahap uji coba dimana hanya menerima 25% pengunjung dan penggunaan prokes serta penggunaan PenduliLindungi. Harapan kita masyarakat mampu memahami dan mematuhi sehingga ketika uji coba ini berhasil banyak tempat wisata yang turut dibuka dan masyarakat dapat kembali berkunjung ke tenpat wisata.
Untuk evaluasi kegiatan uji coba minggu lalu cukup berjalan dengan lancar. Tak ada kegiatan-kegiatan yang menonjol serta masyarakat mampu memenuhi aturan," pungkas Iwan. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment