News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mitigasi Ancaman Rob, Sahabat Ganjar Sapa Semarang

Mitigasi Ancaman Rob, Sahabat Ganjar Sapa Semarang


Sahabat Ganjar sapa Semarang (ist)

WARTAJOGJA.ID : Hadirnya Relawan Sahabat Ganjar yang di deklrasikan serentak 34 Provinsi pada 22 Agustus 2021 lalu dianggap sebagai angin segar bagi banyak pihak. 

Karena keberadaannya dirasa cukup mempertegas akan dukungan masyarakat terhadap Ganjar Pranowo sebagai figur yang tepat untuk menjadi penerus kepemimpinan RI-1 pasca kepemimpinan Joko Widodo yang akan berakhir 2024 nanti.

Relawan Sahabat Ganjar yang dideklarasikan pertama kali pada 20 Juni 2021 di Jogjakarta ini terlihat lebih solid dalam pergerakannya. Terlihat dengan banyaknya kegiatan susulan yang dilakukan di seluruh Indonesia.

Di Kota Semarang, yang menjadi Ibukota Jawa Tengah, dimana Ganjar Pranowo saat ini mengemban amanahnya sebagai Gubernur, Sahabat Ganjar menyapa warga Semarang dengan berbagi sembako dan melalukan aksi peduli lingkungan tanam bakau di wilayah Tambakrejo Semarang.

Kegiatan di Semarang ini dilakukan sebagai rangkaian acara deklarasi nasional serentak di 51 tikik lokasi di 34 provinsi. Parikesit dari Sahabat Ganjar Semarang menyampaikan, 

"Penanaman Bakau di wilayah Tambakrejo ini adalah bagian dari sikap kepedulian lingkungan yang menjadi salah satu program kerja Sahabat Ganjar. Untuk wilayah Semarang dipandang perlu dilakukan penanaman sembako untuk untuk mencegah intrusi air laut, atau masuk dan naiknya gelombang pasang air laut ke permukaan atau daratan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya banjir rob, ataupun sedimentasi dari lumpur yang ikut terbawa."

Untuk langkah awal, dilakukan penanaman sebanyak 500 pohon, dikarenakan situasi masih dalam masa PPKM, sehingga tidak memungkinkan mengumpulkan banyak orang untuk melakukan penanaman bakau secara masive, demikian ditambahkan oleh Parikesit.

Selain tanam bakau, Sahabat Ganjar juga melakukan pembagian sembakau di wilayah warga setempat lokasi penanaman. Warga Tambakrejo menyambut dengan antusias penanaman bakau ini, terlihat dari sambutan karang taruna setempat yang siap merawat pohon pohon yang di tanam agar bisa tumbuh dengan baik.

Marzuki, nelayan setempat menyampaikan, "Apa yang dilakukan Sahabar Ganjar ini sangat bagus, karena di lokasi ini, masih perlu banyak sekali pohon bakau yang harus ditanam, tindakkan ini tentu bisa mengurangi rob kedepannya."

Musim Penghujan segera datang, dan apa yang dilakukan Sahabat Ganjar bisa menjadi contoh bagi semua pihak, bahwa penanganan bencana khususnya rob, bisa dilakukan poleh siapa saja, partisipasi dari masyarakat diperlukan. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment