News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Juli Jadi Target Yogya Genjot Pelaku Wisata Di Berbagai Obyek

Juli Jadi Target Yogya Genjot Pelaku Wisata Di Berbagai Obyek



Vaksinasi di Sleman Jumat (23/7)

Yogyakarta: Menteri Kesehatan Budi (Menkes) Gunadi Sadikin telah meminta vaksinasi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) segera bisa tercapai 70 persen dari seluruh populasi.

Hal ini disebabkan DIY masuk lima besar pertumbuhan kasus Covid-19 terbanyak di tanah air. Meski posisi vaksinasi di Yogyakarta sendiri termasuk tertinggi setelah Bali dan DKI Jakarta.

"Juli ini kami kebut vaksinasi pelaku wisata sebagai upaya mempercepat capaian masyarakat yang tervaksin khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif itu," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo di sela vaksinasi ratusan pelaku wisata di destinasi wisata di Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark Sleman Jumat 23 Juli 2021. 

Dalam vaksinasi yang melibatkan 600 pelaku pariwisata anggota Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY dan berbagai usaha jasa pariwisata itu, Singgih mengatakan,
vaksinasi di DIY saat ini sudah menjangkau 1.036.072 orang atau 36.0 persen untuk dosis pertama dan dosis ke kedua mencapai 409.171 atau 14,2 persen. Dari jumlah ini diperkirakan pelaku wisata baru sekitar 10-20 persennya.

"Makanya kamu dorong dipercepat untuk pelaku wisata ini, agar turut mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19 yang masih tinggi sekaligus persiapan jika wisata nanti beroperasi lagi," kata Singgih.

Vaksinasi wisata ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri para pelaku wisata dan wisatawan yang datang nanti.
 
"Dengan destinasi wisata dan pelaku pariwisata yang sudah siap tentunya juga akan meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan wisatawan yang datang," kata Singgih.

Singgih menyebut setelah pendemi ini, wisatawan akan cenderung mengunjungi destinasi yang benar benar siap penerapan protokol kesehatan berbasis pada CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Lingkungan) itu.

"CHSE dengan pelaku pariwisata yang telah memenuhi standar kesehatan yang memadai salah satunya telah menerima vaksin," kata dia.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono dihubungi terpisah menuturkan berbagai obyek wisata sepanjang Juli ini memang diberdayagunakan untuk segera mencapai target vaksinasi di Kabupaten Gunungkidul sebesar 70 persen dari populasi penduduk. Sebab saat ini capaian vaksinasi di kabupaten itu belum menyentuh 30 persen penduduk.

"Obyek wisata yang dipakai untuk vaksinasi seperti Gua Tritis, Pantai Ngobaran, dan nanti 28 Juli di Geosite Gua Ngingrong Mulo," kata Harry.

Harry mengungkap lokasi vaksinansi di tempat terbuka seperti destinasi wisata ini juga dengan tujuan masyarakat yang datang tidak berkerumun dan mendekati lokasi para pelaku wisata.

"Vaksinasi di kawasan wisata juga membuat warga jadi lebih santai  dan berjalan lancar tanpa rasa ragu atau takut," kata Harry yang menargetkan lewat vaksinasi di obyek wisata ini capaian vaksinasi bisa segera tembus 50 persen dari populasi penduduk.

PRIBADI WICAKSONO

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment