News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Viral Foto Penumpang KRL Yogya-Solo Berdesakan Tak Jaga Jarak, Kata PT.KAI ?

Viral Foto Penumpang KRL Yogya-Solo Berdesakan Tak Jaga Jarak, Kata PT.KAI ?

?
Foto penumpang KRL Yogya Solo yang viral karena kondisinya penuh (ist)
WARTAJOGJA.ID : PT. KAI Daop 6 angkat bicara soal foto viral penumpang kereta rel listrik (KRL) Yogya-Solo yang tersebar pada pagi ini Selasa 1 Juni 2021.

Dalam foto itu tampak salah satu gerbong  kereta penuh penumpang baik yang duduk dan berdiri sehingga nyaris berdesakan dan tak jaga jarak dalam situasi pandemi Covid-19 ini.

Vice President Corporate Secretary 
KAI Commuter Anne Purba mengatakan pada 1 Juni yang bertepatan libur Hari Lahir Pancasila ini, warga Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya memang kembali memanfaatkan jasa KRL Yogya-Solo.

"Hingga pukul 12.00 WIB tercatat 3.752 pengguna menggunakan jasa KRL Yogyakarta - Solo, atau bertambah 4% dibandingkan waktu yang sama pada hari Senin 31 Mei 2021," kata Anne dalam keterangan persnya Selasa.

Sejumlah stasiun di wilayah Daop 6 Yogyakarta volume pengguna KRL memang naik signifikan. Antara lain Stasiun Solo Balapan (1.244 pengguna atau naik 7% dibanding Senin 31 Mei pada waktu yang sama), Stasiun Yogyakarta (894 pengguna, naik 12%), dan Stasiun Purwosari (434 pengguna, naik 8%).

"Naiknya jumlah pengguna ini sejalan dengan karakteristik pengguna KRL Yogyakarta-Solo yang memang lebih banyak menggunakan KRL pada akhir pekan dan hari libur dibandingkan hari kerja," kata dia.

Pada masa sebelum bulan puasa dan lebaran, volume pengguna tertinggi saat akhir pekan pernah mencapai 12.000 orang dalam satu hari. 

"Pada Minggu (30/5) lalu kami melayani hingga 9.228 pengguna," kata dia.

Setiap harinya, kata Anne, KAI Commuter menjalankan 20 perjalanan KRL sesuai yang diizinkan oleh Kementerian Perhubungan dalam frafik Perjalanan Kereta Api tahun 2021. 

"Namun saat ada potensi jumlah pengguna meningkat cukup besar, kami dapat menjalankan dua hingga empat perjalanan KRL. Bahkan kami pernah menjalankan hingga tujuh perjalanan KRL dengan mempertimbangkan kondisi kapasitas stasiun," katanya.

Untuk antisipasi peningkatan jumlah pengguna KRL, hari ini KAI Commuter menjalankan dua perjalanan KRL tambahan yaitu pukul 11.20 WIB dari Stasiun Solo Balapan dan pukul 18.30 WIB dari Stasiun Yogyakarta.

Sehingga total pada hari ini para pengguna KRL Yogyakarta-Solo dapat dilayani dengan 22 perjalanan KRL. 

Saat awal beroperasinya KRL di Yogyakarta Solo, satu rangkaian terdiri dari empat kereta. Saat ini dengan setidaknya 20 perjalanan KRL per hari, seluruh rangkaian yang melayani pengguna sudah menggunakan delapan kereta dalam satu rangkaian agar tetap dapat menjaga jarak aman sesama pengguna. 

"Kondisi pada foto yang beredar tersebut bisa saja terjadi hanya pada kereta/gerbong tertentu, tapi pada kereta yang lain kondisinya kosong dan lebih lengang," kata dia.
 
Hal ini karena biasanya pada akhir pekan dan hari libur diisi para pengguna musiman yang menggunakan kereta dalam rombongan kecil atau keluarga yang tidak mau terpisah selama perjalanan. 

Dengan adanya jadwal KRL tambahan dan rangkaian kereta yang lebih panjang, KAI Commuter menghimbau para pengguna untuk dapat merencanakan perjalannya dengan baik. 

"Hindari naik kereta yang sudah terisi sesuai kuota, dan ikuti informasi kepadatan di stasiun secara real time melalui KRL Acces," kata dia.

KAI Commuter mengajak para pengguna untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dan aturan yang berlaku di stasiun maupun di dalam KRL. 

Saat kondisi padat, KAI Commuter akan melakukan antrean penyekatan di stasiun untuk menjaga jumlah pengguna yang dapat naik ke KRL tetap sesuai dengan kuota. 

"Seluruh pengguna juga diwajibkan menggunakan masker kesehatan ataupun masker kain tiga lapis, termasuk anak-anak," katanya.

Petugas di stasiun dan KRL akan menyatakan senantiasa aktif berpatroli untuk mengingatkan mengenai penggunaan masker ini. 

"Selain itu kami juga mengajak para pengguna untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum maupun sesudah naik KRL memanfaatkan wastafel tambahan yang tersedia di stasiun," kata dia.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment