News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sultan HB X Terbitkan Edaran, Kantor Pemerintah Wajib Putar Lagu Indonesia Raya Setiap Pagi

Sultan HB X Terbitkan Edaran, Kantor Pemerintah Wajib Putar Lagu Indonesia Raya Setiap Pagi


Bendera Indonesia (ist)

WARTAJOGJA.ID : Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X  menerbitkan surat edaran bernomor 29/SE/V/ 2021 tentang memperdengarkan lagu kebangsaaan Indonesia Raya yang diteken 18 Mei 2021. 

Kewajiban kantor pemerintah memperdengarkan lagu Indonesia Raya itu akan dimulai 20 Mei mendatang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. 

Dalam surat itu, Sultan menuturkan, upaya memperdengarkan lagu itu setiap hari perlu dilakukan demi upaya meningkatkan nasionalisme serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa juga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Lagu kebangsaan Indonesia Raya satu stanza agar diperdengarkan setiap pukul 10.00 WIB atau setiap pagi saat memulai aktivitas kegiatan,” kata Sultan HB X.
Sultan menuturkan bagi setiap orang yang hadir pada saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya itu diperdengarkan dan/atau dinyanyikan, juga wajib berdiri tegak dengan sikap hormat.
“Demikian agar ini dilaksanakan penuh tanggungjawab,” kata Sultan.

Surat edaran Sultan HB X itu ditujukan kepada seluruh bupati dan walikota se-DlY, pimpinan/kepala perwakilan instansi pemerintah pusat perwakilan DIY, kepala dinas daerah/kepala badan daerah/ kepala biro/ kepala badan penghubung di lingkungan Pemerintah DIY, pimpinan BUMN/BUMD, dan pimpinan perusahaan swasta di DIY.
Kepala Biro Umum Humas dan Protokoler Pemda DIY Imam Pratanadi mengatakan surat edaran Gubernur DIY itu ditujukan bagi pemerintah kabupaten/kota juga instansi di bawah Pemda DIY. 

“Untuk BUMD dan kantor swasta kami himbau juga bisa mengikuti gerakan ini setiap harinya,” kata Imam. 

Gerakan yang akan dimulai 20 Mei ini akan dilakukan lewat aksi seremonial di Keraton Yogyakarta, Kantor Gubernur Kepatihan, Pura Pakualaman dan Pasar Beringharjo. 
Gerakan memperdengarkan lagu Indonesia Raya ini diawali gerakan Indonesia Raya Bergema yang kurang lebih tiga bulan terakhir diinisiasi Forum Rakyat Yogya untuk Indonesia (For You Indonesia).
Widihasto Wasana Putra, juru bicara For You Indonesia menuturkan, gerakan ini sifatnya lebih gerakan persuasif menumbuhkan semangat nasionalisme melalui menyanyikan lagu kebangsaan. 
Pihaknya tak sependapat jika gerakan ini diiikuti sanksi atau menerapkan tindakan keras pada warga yang belum melaksanakannya. 
“Karena tujuan utama gerakan ini lebih membangun rasa nasionalisme kepada seluruh elemen,” katanya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment