News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lions Club Yogyakarta Roro Jonggrang Yogyakarta Dampingi Puluhan Lansia Operasi Katarak

Lions Club Yogyakarta Roro Jonggrang Yogyakarta Dampingi Puluhan Lansia Operasi Katarak



Lions Club Yogyakarta Roro Jonggrang dampingi kalangan lansia operasi Katarak di RS Mata Dr. YAP Yogyakarta Rabu (26/5)

WARTAJOGJA.ID : Organisasi sosial  Lions Club Yogyakarta (LCY) Roro Jonggrang tak henti bergerak membantu sesama di masa sulit pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini.

Kali ini, perwakilan LCY Roro Jonggrang Yogyakarta mendampingi puluhan warga lanjut usia atau lansia dari sejumlah daerah di Yogyakarta dan Jawa Tengah menjalani operasi mata katarak gratis di RS Mata Dr. YAP Yogyakarta pada Rabu (26/5/2021).

Acara yang dikemas dalam bentuk bakti sosial itu juga dihadiri Ketua Yayasan Dr. YAP Prawirohusodo, GBPH Prabukusumo, dokter Alida Lienawati MKes MMR selaku Direktur Utama (Dirut) RS. Dr YAP serta Ketua Pembina Yayasan Dr YAP Prawirohusodo, KPH Indrokusumo.

"Dalam kegiatan ini para lansia yang menderita katarak itu kami dampingi dari awal untuk operasi Katarak yang bekerjasama dengan RS Mata Dr YAP ini. Mulai dari pendataan, pendaftaran, operasi hingga pasca operasi sampai tuntas dan mereka bisa kembali sehat," kata Ariesanthi selaku Project Officer LCY Roro Jonggrang Yogyakarta didampingi Geovani, President LCY Roro Jonggrang Yogyakarta di sela pendampingan operasi.


Project Officer LCY Roro Jonggrang Yogyakarta Ariesanthi (kanan) didampingi Geovani, President LCY Roro Jonggrang Yogyakarta di sela mendampingi lansia operasi di RS Mata Dr. YAP Yogyakarta Rabu (26/5)

Ariesanthi mengungkapkan LCY Roro Jonggrang Yogyakarta tergerak membantu para lansia itu menjalani operasi katarak karena di usia senja, penyakit katarak sulit disembuhkan jika hanya mengandalkan dengan berobat jalan.

"Penyakit katarak ini banyak sekali menyerang orang-orang yang sudah berusia lanjut dan perlu mendapatkan penanganan serius, berbeda dengan mereka yang berusia muda mungkin masih bisa berobat jalan," kata Ariesanthi yang kesehariannya berprofesi sebagi fashion designer itu.

Ariesanthi mengungkapkan sebenarnya LCY Roro Jonggrang Yogyakarta bersama organisasi LCY lain telah mendata banyak sekali lansia baik di Yogyakarta dan Jawa Tengah yang membutuhkan penanganan seperti operasi Katarak ini. 

Namun karena masih masa pandemi Covid-19 dan kuota harus dibatasi demi mencegah kerumunan, maka dalam kesempatan itu ada sekitar 10 lansia yang didampingi lebih dulu untuk menjalani operasi Katarak.

Ariesanthi menambahkan di masa pandemi Covid-19 ini pula, penting untuk melakukan pendampingan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan itu karena tidak sedikit yang merasa takut dan khawatir untuk berobat di rumah sakit. Sebab virus Corona berpotensi menular di mana saja.

"Masyarakat ini perlu diarahkan mendapatkan pelayanan yang kredibel, sehingga percaya bahwa situasi pandemi ini mereka aman dalam pendampingan dan penanganan layanan kesehatannya," kata Ariesanthi. 

President LCY Roro Jonggrang Yogyakarta, Geovani dalam kesempatan itu mengatakan bersyukur bisa bekerjasama dalam acara Bakti Sosial dan Operasi Katarak bersama RS Mata Dr YAP.

"Yang terpenting bagi kami di masa pandemi Covid-19 ini kita tak boleh berhenti bergerak membantu sesama, justru semakin banyak lakukan yang bisa kita lakukan sehingga masyarakat bisa terbantu," kata Geovani.

Geovani mengungkap di masa pandemi ini pula, LCY Roro Jonggrang Yogyakarta akan terus hadir dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dalam beragam kegiatan yang sudah disiapkan.

"Kami berharap kegiatan Bakti Sosial yang dilakukan RS Mata Dr YAP bekerjasama dengan LCY Roro Jonggrang Yogyakarta ini bisa terus kontinyu sehingga makin banyak masyarakat yang membutuhkan terbantu," kata dia.

LCY Roro Jonggrang Yogyakarta menegaskan siap berkontribusi positif untuk memberikan wujud nyata membantu sesama.

Tak lupa, Geovani dan Ariesanthi juga mengucapkan selamat karena RS Mata Dr YAP dalam kesempatan itu juga tengah merayakan HUT ke 98 tahunnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment