News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Badan Otorita Borobudur Sosialisasi Masterplan Borobudur Highland

Badan Otorita Borobudur Sosialisasi Masterplan Borobudur Highland


Dirut BOB Indah Juanita saat menyerahkan cinderamata kepada Pemda DIY dalam sosialisasi masterplan Borobudur Highland di Hotel 101 Yogyakarta Kamis (6/5)

WARTAJOGJA.ID : Badan Otorita Borobudur (BOB) yang berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 46 Tahun 2017, telah selesai membuat Masterplan sebagai rancangan kedepan seperti apa kawasan pariwisata Zona Otorita seluas 309 hektar akan di bentuk. 

Kawasan Otorita yang diberi nama Borobudur Highland terletak dibukit menoreh Wilayah Purworejo. Untuk memberikan gambaran seperti apa konsep kawasan tersebut maka diadakan sosialisasi kepada stekholder agar mengerti dan memahami, sehingga bersiap untuk maju bersama mengembangkan pariwisata di seputar zona Otorita. 

Direktur Utama BOB, Indah Juanita menjelaskan pihaknya mengembangkan proyek Borobudur Highland, sebuah Kawasan pariwisata terpadu berbasis resort dan menjadi produk pariwisata baru di Kawasan Pariwisata Borobudur. 
"Mengangkat tema cultural eco-resort, proyek ini bernilai investasi tidak kurang Rp 1.5 triliun, dan digadang-gadang bisa menyerap tidak kurang 1.800 tenaga kerja diseputar Zona Otoritatif," kata dia.

Berdasarkan  Masterplan, kawasan Borobudur Highland terbagi menjadi  5 (lima) Distrik atau Zona yaitu : Zona Gerbang Masuk (the gate), Zona Ressort Eksklusif (exclusive ressort), Zona Wisata Petualangan (adventure tourism), Zona Wisata Budaya (cultural tourism), dan Zona Ekstrim (extreme tourism).

Selain itu, akan dikembangkan beberapa sarana dan wahana diantaranya : Komersial UMKM, Amphitheater, Taman Anggrek, Tree Top Cycling, Mountain Biking, Multimedia Night Walk, Zip Coaster, Outbond Centre, Children playgroup and mini zoo, Borobudur Conner,  Health, Spa, and Wellness Centre, Forest traching dan Off Road. 

Tujuan kegiatan Sosialisasi Masterplan Zona Otorita Kawasan Pariwisata Borobudur yang berlangsung di Yogyakarta kali ini adalah memberi informasi detail Masterplan kepada pemerintah daerah yang berada disekitar kawasan Zona Otoritatif. Yang sebelumnya telah terlaksana di Kulonprogo, Semarang dan Magelang.

Selain itu, untuk memberikan pemahaman detail isi dari masterplan yang menerangkan seberapa banyak daerah terpengaruh atas adanya kegiatan dari masterplan ; menerangkan timeline kerja yang akan dibangun oleh Badan Otorita Borobudur; menerangkan kepada pemerintah daerah terkait efek positif dari pengembangan Kawasan tersebut. 
Dalam pengembangan kawasan ini, BOB juga terus bersinergi dengan warga di sekitar, sebab mereka yang akan menjaga lingkungan. 

Indah memastikan bahwa Borobudur Highland akan bermanfaat untuk warga sekitarnya. Salah satu dampak yang paling terlihat adalah penyediaan infrastruktur mulai air, listrik, telepon dan jalan yang akan bisa ikut dimanfaatkan oleh warga.

Selain itu, warga akan dilibatkan untuk pemenuhan kebutuhan pariwisata seperti penyediaan konsumsi dan kuliner hingga penampilan kesenian rakyat agar bisa tampil untuk wisatawan. "Dia bisa apa, jadi bisa suplai ke dalam. Jadi, masyarakat sekitar jangan sampai hanya menjadi penonton," tegasnya. (Fin/Poin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment