News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tak Hanya YIA, GeNose Juga Ada di Bandara Adisutjipto

Tak Hanya YIA, GeNose Juga Ada di Bandara Adisutjipto


GeNose tersedia di Bandara Adisutjipto (ist)
WARTAJOGJA.ID : PT Angkasa Pura I (Persero) telah menerapkan pemeriksaan Covid-19 menggunakan tes embusan napas GeNose C19 di Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) sejak 1 April 2021.

Sebulan kemudian, tepatnya hari ini,  30 April 2021, giliran Bandara Adisutjipto ikut menyediakan layanan test GeNose C-19 bagi para calon pengguna jasa bandar udara.

Fasilitas skrining Covid-19 berbasis hembusan nafas tersebut berlokasi di Gedung Empu, atau sebelah timur Bandara Adisutjipto. Pihak Farmalab ditunjuk sebagai pelaksana layanan dan PT Angkasa Pura Supports sebagai penyedia layanan skrining itu.

“Saat ini, telah tersedia fasilitas layanan Test GeNose di seluruh bandara yang berada dibawah pengelolaan PT Angkasa Pura I, termasuk Bandara Adisutjipto," kata 
General Manager Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama.

Penggunaan GeNose di bandara lama Yogya yang ada di Kabupaten Sleman itu sebelumnya telah melalui simulasi yang digelar sehari sebelumnya, tanggal 29 April 2021.

Saat itu simulasi melibatkan 50 orang yang terdiri dari pegawai PT Angkasa Pura I (Persero) dan perwakilan dari komunitas bandara. 

Simulasi penggunaan GeNose C-19 dilakukan untuk mengantisipasi adanya penumpukan antrean, serta mengevaluasi penerapan pelayanan fasilitas GeNose sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara maksimal.

“Pelayanan GeNose ini sudah kami simulasikan sebelumnya, sehingga personil kami siap untuk memberikan pelayanan dengan alat ini," kata dia. 

Layanan GeNose C-19 di Bandara Adisutjipto dikhususkan bagi calon penumpang yang telah memiliki tiket pesawat yang berangkat dari Bandara Adisutjipto. 

"Waktu pengambilan sampel GeNose ini diatur maksimal empat jam sebelum keberangkatan," katanya.

Sebelum melakukan pengambilan sampel, pengguna layanan GeNose C-19 diimbau untuk tidak mengkonsumsi apapun selain air putih 30 menit sebelum pengambilan sampel. 

Fasilitas GeNose C-19 Bandara Adisutjipto juga tidak diperuntukkan untuk masyarakat umum. 

Untuk tarifnya, layanan GeNose C-19 di Bandara Adisutjipto dikenakan biaya sebesar Rp 40 ribu dengan waktu operasional pukul 06.00 sampai dengan 14.00 WIB. 

"Saat ini tersedia dua unit mesin GeNose C-19 sehingga dapat menampung sebanyak 300 kantong perharinya untuk dapat dilakukan pemeriksaan," kata Pandu.

Tersedianya fasilitas GeNose C19 di Bandara Adisutjipto meningkatkan kesiapan otoritas bandara untuk melakukan pencegahan penularan Covid-19. 

Selain GeNose C19, Bandara Adisutjipto masih menyediakan layanan deteksi Covid-19 lainnya yaitu Rapid Test Antigen yang terbuka untuk umum. 

"Kami berharap dengan tersedianya layanan-layanan tersebut, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa kebandarudaraan selalu terjaga," katanya.

Sehingga, masyarakat semakin yakin untuk melakukan perjalanan udara melalui Bandara Adisutjipto. (Cak/Rls)
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment