News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sido Muncul Kucurkan Bantuan Rp 650 Juta Bantu Korban Banjir Bandang NTT

Sido Muncul Kucurkan Bantuan Rp 650 Juta Bantu Korban Banjir Bandang NTT


Penyerahan bantuan Sido Muncul untuk korban bencana banjir bandang di Flores, Nusa Tenggara Timur. (dok. Sido Muncul)

WARTAJOGJA.ID: PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk (Sido Muncul) turut berduka cita atas musibah yang menimpa masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (4/4).

Bagaimana tidak, sejumlah wilayah itu diterjang banjir bandang di Pulau Adonara, tepatnya di Kabupaten Flores Timur.

Bencana yang diakibatkan badai siklon tropis Seroja ini tak hanya meninggalkan kerugian materil, namun juga merenggut ratusan korban jiwa hingga orang hilang.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Selasa (6/4), pukul 21.00 WITA, ada 117 orang meninggal dunia dan 76 orang hilang di NTT. Sementara itu ratusan warga masih mengungsi di sejumlah titik yang telah disediakan.

"Saya prihatin terutama karena bencana ini terjadi di tengah pandemi dan masyarakat di NTT sedang merayakan Paskah. Saya kalau bayangin sedih sekali karena ini terjadi saat pandemi dan memburuk keadaan dan bertambah parah," ujar Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat dalam siaran pers di Kantor Sido Muncul, Cipete, Jakarta, Selatan pada Rabu (7/4/2021).


Penyerahan bantuan Sido Muncul untuk korban bencana banjir bandang di Flores, Nusa Tenggara Timur. (dok. Sido Muncul)

Demi membantu meringankan beban yang saat ini dialami masyarakat di Flores Timur NTT itu, Sido Muncul pun ikut berdonasi dengan menyumbangkan dana senilai Rp 650 juta.

"Hari ini kami membantu korban bencana banjir melalui Benihbaik.com dengan menyumbangkan Rp200 juta. Lalu untuk Komunitas Muslim NTT - Aisyiyah (Organisasi Perempuan Persyarikatan Muhammadiyah), Keuskupan Agung Larantuka dan Keuskupan Agung Lembata masing-masing Rp150 juta," ujar Irwan.

Sido Muncul juga memberikan bantuan seperti obat-obatan, vitamin C, Kuku Bima, Tolak Linu, dan obat-obatan lain yang dibutuhkan bagi para korban banjir bandang.
"Kami punya distributor di sana dan akan menyalurkan produk kami ke organisasi lokal," kata Irwan yang turut secara simbolis menyerahkan bantuan senilai Rp 200 juta kepada Perwakilan Benihbaik.com Don Bosco Selamun.

"Atas nama Benih Baik dan media grup, kami ucapkan terima kasih. Tentunya bantuan ini akan sangat berarti karena mereka berada dalam situasi kesulitan yang lebih berat dua kali lipat," kata Don Bosco.

Selain itu, Irwan juga menyerahkan bantuan kepada Sekretaris Lembaga Lingkungan dan Penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat Aisyiyah Tri Lestari Masduki, Pewakilan Keuskupan Larantuka dan Keuskupan Atambua Santi Hadiprojo, yang masing-masing akan menerima bantuan senilai Rp150 juta.

Irwan menjelaskan alasan mengapa Sido Muncul memberikan bantuan uang tunai. Menurutnya, dengan donasi berupa uang tunai bantuan yang diberikan bisa berjalan lebih cepat dan fleksibel.

Jadi kebutuhan apapun yang diperlukan, bisa segera dibeli di daerah setempat. Melalui bantuan ini, Sido Muncul berharap dapat membantu mengurangi beban masyarakat Flores Timur yang sedang mengalami bencana.
"Semoga sumbangan ini dan dari penyumbang lainnya bisa melengkapi dan membantu korban bencana banjir," kata Irwan.


Penyerahan bantuan Sido Muncul untuk korban bencana banjir bandang di Flores, Nusa Tenggara Timur. (dok. Sido Muncul)

Irwan Hidayat menambahkan, bencana alam yang terjadi di tengah pandemi COVID-19 ini membuat beban korban bencana menjadi jauh lebih berat. Untuk itu, Irwan berharap bantuan ini bisa segera disalurkan untuk meringankan beban warga yang terdampak banjir.

"Saya prihatin, terutama dengan bencana di tengah pandemi, pasti berat sekali. Masyarakat NTT baru saja merayakan Paskah lalu ada bencana. Semoga program ini membantu mereka yang terdampak," harap Irwan Hidayat.

Perwakilan Benihbaik.com, Don Bosco, mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan Sido Muncul. 

Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa Sido Muncul menjadi salah satu perusahaan yang kerap menyalurkan bantuan untuk korban bencana alam melalui Benihbaik.com.

"Saya sudah kenal lama dengan Irwan, ini bukan hal baru bagi Sido Muncul ikut serta membantu rutin dan aktif menyumbang ke Benih Baik juga. Semoga bukan hanya Pak Irwan, tapi juga ada bantuan-bantuan lain," kata Don Bosco.

Perwakilan dari Komunitas Muslim NTT Aisyiyah, Tri Lestari Masduki;l dan Perwakilan Keuskupan Atambua dan Larantuka, Santi Hadiprojo, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Sido Muncul. Tri mengatakan akan segera menyalurkan bantuan ini secepatnya kepada para korban.

"Insyaallah kita akan segera memberikan bantuan ini. Kita sudah memiliki data mengenai apa yang dibutuhkan dan apa yang diperlukan, sebab sudah ada tim kami di sana. Kami juga akan fokus membantu anak-anak, ibu-ibu dan lansia," terangnya. (***)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment