News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bank Indonesia Pastikan Uang yang Diedarkan Bebas Covid-19

Bank Indonesia Pastikan Uang yang Diedarkan Bebas Covid-19


Ilustrasi uang Rp 75 ribu (ist)

WARTAJOGJA.ID : Bank Indonesia DIY memastikan bahwa uang kartal yang diedarkan oleh Bank Indonesia bebas dari virus corona.

“Yakin saja, uang yang beredar dari Bank Indonesia itu sudah steril. Kami sudah karantina dan disinfektan sebelum beredar ke masyarakat,” ungkap Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Miyono, Selasa (7/4/2021).

Meski begitu, ia mengatakan pihaknya tidak bisa memastikan kesterilan uang yang sudah beredar dari tangan satu ke tangan lain.

Maka, selain mencuci tangan setelah memegang uang agar tak terkena virus corona, Miyono juga menganjurkan menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) saat ingin bertransaksi.

Dengan QRIS, pembeli bisa membayar transaksi tanpa mengeluarkan uang tunai dan hanya mengarahkan gawai pintar ke barcode yang sudah terpasang.

“Adanya QRIS ini datang di masa pandemi. Maka, menggunakan QRIS ini bisa lebih aman dan efisien. Hanya memang, plafon tertinggi masih Rp 2 Juta,” ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, ia mengatakan, BI akan menaikkan plafon pembayaran lebih dari Rp 2 Juta. Sehingga, bagi pembeli yang hendak berbelanja di atas plafon, tidak perlu ragu.

“Kami sudah memasang banyak QRIS di DIY, termasuk di Pasar Beringharjo dan Pasar Prawirotaman. Di Prawirotaman, ada 5-6 lantai sudah ditempel QRIS,” tandasnya.

Ia meminta masyarakat untuk mencoba menggunakan inovasi terbaru tersebut agar semakin terbiasa dengan transaksi digital. (Vis/Gan)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment