News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sejumlah Kampus Negeri Yogya Mulai Kebut Vaksinasi Covid-19 Dosen

Sejumlah Kampus Negeri Yogya Mulai Kebut Vaksinasi Covid-19 Dosen


Suasana vaksinasi di UIN Sunan Kalijaga Yogya (ist)

WARTAJOGJA.ID.: Sejumlah kampus negeri di Yogyakarta pekan ini mulai menggencarkan vaksinasi Covid-19 bagi para dosennya.

Setelah Universitas Gadjah Mada (UGM) memulai pada Maret lalu, awal April ini giliran para dosen di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta disuntik vaksin.

Di kampus UIN Sunan Kalijaga, setidaknya vaksinasi telah diikuti 650 orang dosen dan tenaga kependidikan yang digelar secara massal di lingkungan kampus itu mulai 5 April 2021.

Ketua Satgas Covid-19 yang juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja-sama UIN Sunan Kalijaga Jaga Yogyakarta Abdur Rozaki mengatakan kampusnya untuk gelombang pertama ini, kampusnya memperoleh jatah 650 dosis baik untuk suntikan tahap pertama dan kedua.

"Vaksinasi kami bagi dalam 4 sesi agar tidak terjadi kerumunan," kata Abdur Rozaki Kamis 8 April 2021.

Karena jumlah dosis vaksin yang  terbatas, maka UIN memprioritaskan kriteria yang menjadi ujung tombak pelayanan dan yang paling rentan.

Meliputi para guru besar baik yang lanjut usia (lansia) maupun non lansia, pimpinan universitas, fakultas (dekan, wakil dekan, kaprodi,) hingga ketua lembaga, pusat studi dan petugas kebersihan.

"Untuk dosis tahap kedua di UIN Sunan Kalijaga akan dilakukan 3 Mei 2021 mendatang," katanya.

Sedangkan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pekan ini juga telah melaksanakan vaksinasi pada dosen dan tenaga kependidikan yang dimulai di kampus itu pada Selasa 6 April 2021. 

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Edi Purwanta mengatakan dalam vaksinasi tahap pertama ini UNY mendapat jatah 500 dosis.

"Vaksinasi gelombang pertama ini diprioritaskan untuk dosen yang berusia di atas 59 tahun," kata dia.

Meliputi majelis guru besar, anggota pimpinan, senat serta pengurus universitas, fakultas dan program studi yang banyak kontak langsung dengan mahasiswa. 

UNY sendiri sebelumya mengusulkan sejumlah 2.367 paket vaksin pada Dinas Kesehatan Provinsi DIY dan baru terealisasi sejumlah 500 paket. 

Dari usulan 2.367 jatah tersebut sedianya dialokasikan 1.198 untuk dosen, 836 orang tenaga kependidikan dan 333 orang pekerja harian lepas, cleaning service dan lainnya. 

Adapun Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta lebih dulu menyelenggarakan vaksinasi massal tahap pertama pada 20 - 21 Maret 2021 lalu di kampus setempat. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment