News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peserta Tak Hadir UTBK-SBMPTN di UNY Tercata 250 Orang Lebih

Peserta Tak Hadir UTBK-SBMPTN di UNY Tercata 250 Orang Lebih

Peserta UTBK di UNY jalani pengecekan suhu sebelum ikuti seleksi masuk(ist)

WARTAJOGJA.ID: Jumlah peserta yang tak hadir dalam pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK- SBMPTN) 2021 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bertambah jumlahnya.

"Sebenarnya peserta di hari pertama (Senin 12 April) yang tidak hadir pada sesi 1 dan 2 kemarin jika ditotal sebanyak 208 orang dari total 1350 peserta," kata Pranata Humas Muda Sub-koordinator Humas UNY, Sudaryono Selasa 12 April 2021.

Sudaryono merinci, dari jumlah itu terbagi 143 orang tak hadir pada sesi I dan 65 orang pada sesi II. Tak hanya hari pertama, di hari kedua Selasa 13 April ini puluhan peserta UTBK di UNY juga kembali tak hadir.

"Sesi 1 hari ini dari 750 peserta terdaftar yang tidak hadir 59 peserta," kata Sudaryono.

Pihak UNY belum mengetahui persis apa penyebab tak hadirnya peserta. Dugaan sementara peserta yang tak hadir UTBK pada sesi I pada Senin lalu karena saat itu wilayah Yogya tengah diguyur hujan sangat lebat di pagi hari, bersamaan dengan waktu pelaksanaan UTBK.

"Saat Senin kemarin pada sesi I yang tak hadir sampai 143 orang mungkin juga dipengaruhi ada hujan lebat di pagi hari," kata Sudaryono.

Dari data peserta yang tak hadir itu, Sudaryono melanjutkan, kebanyakan peserta dari sekitar DIY dan sebagian ada juga dari luar tetapi persentasenya sedikit.

Sesuai ketentuan berlaku, Sudaryono mengatakan peserta yang tidak hadir pada UTBK yang telah dijadwalkan maka tidak bisa mengikuti lagi. Karena sudah terjadwal sesuai yang tercantum di Kartu Peserta UTBK dan tidak ada penjadwalan ulang. Sehingga otomatis gugur dari jalur itu.

"Jika tahun depan akan mendaftarkan lagi asal memenuhi persyaratan masih diperkenankan. Atau kalau tahin ini masih ingin daftar di UNY, tetap dapat mendaftar namun melalui jalur Seleksi Mandiri," kata dia.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2021 ini dilaksanakan dalam dua gelombang yaitu gelombang I tanggal 12 –  18 April 2021, dan gelombang II tanggal 26 April – 2 Mei 2021.

Ketua Admisi UNY, Setya Raharja  mengatakan bahwa peserta yang mengikuti UTBK-SBMPTN di UNY mencapai 15 ribu lebih, gelombang I sejumlah 8.402 orang, dan gelombang II sejumlah 6.968 orang. 

Pada pelaksanaannya, untuk setiap sessinya akan mempergunakan 40 ruang yang terbagi  dalam enam group. Total kapasitas untuk setiap sesinya berjumlah 750 kursi. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment