News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Discover YIA, Layanan Tur Wisata Mengenal Keelokan Bandara Baru Yogya

Discover YIA, Layanan Tur Wisata Mengenal Keelokan Bandara Baru Yogya


Peresmian Discover YIA (ist)

WARTAJOGJA.ID : PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta memiliki program wisata baru yang cukup unik yang baru diluncurkan awal pekan ini.
Namanya Discover YIA, sebuah airport educational tour atau layanan tur edukasi tentang kebandaraan yang pertama di Indonesia.

“Tur ini merupakan satu bentuk wisata edukasi untuk mengangkat kearifan budaya lokal dan ikon-ikon Yogyakarta yang berada di bandara YIA,” kata pelaksana tugas General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama Kamis 15 April 2021. 

Dalam program Discover YIA, ini masyarakat yang mendaftar akan diajak untuk berkeliling terminal bandara, serta menyusuri sisi udara (airside) menggunakan bus bebas pandang sehingga peserta dapat mengamati dan mengenali bandara dengan baik. 

Selain itu, pengguna jasa juga akan diperkenalkan pada berbagai fasilitas dan keunggulan YIA, termasuk Galeri UMKM di bandara terbesar di Indonesia, yaitu Galeri Pasar Kotagede. 

Bagi pengguna jasa bandara yang tertarik untuk mengikuti program DiscoverYIA, bisa menghubungi paling lambat H-7 sebelum jadwal pelaksanaan program melalui email info@discover-yia.id.

“ Jumlah peserta dalam satu kali program minimal 10 orang dan maksimal 20 orang,” kata Pandu.
Pandu menambahkan Discover YIA juga diproyeksikan menjadi layanan untuk mengakomodir publik khususnya wisatawan dalam mengenal kebandarudaraan, serta profil bandara yang ada di pesisir selatan, tepatnya di Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo itu. 

Pihaknya menuturkan, Bandara Internasional Yogyakarta itu bukan hanya dibangun sekedar menjadi airport saja. Tetapi menjadi bagian dari identitas dan kearifan masyarakat Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan seperti adanya ikon-ikon Taman Sari, Plekung Gading, dan Pasar Kota Gede.
“Bahkan sebagian dari bandara ini seperti miniaturnya Yogyakarta,” katanya.

Lewat program Discover YIA ini ia berharap bisa lebih banyak cerita tentang apa yang dimiliki Yogyakarta melalui Bandara YIA. 
“Kini, orang bisa datang ke bandara juga bisa belajar dan berwisata,” katanya.

Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana menuturkan wisata edukasi di Bandara YIA yang digagas oleh PT Angkasa Pura I  itu memungkinkan pengunjung berkeliling bandara sehingga memberikan pengalaman baru bagi mereka.

“Kalau jadi penumpang biasanya menuju ruang tunggu dan langsung boarding, kali ini pengunjung akan menikmati wisata edukasi dengan mengelilingi bandara menggunakan bus," kata Fajar (Far/Wan)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment