News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Difabel Turut Ikuti UTBK di UNY dengan Bantuan Alat Khusus Ini

Difabel Turut Ikuti UTBK di UNY dengan Bantuan Alat Khusus Ini


Difabel mengikuti UTBK di UNY (dok.humas UNY)

WARTAJOGJA.ID: Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK- SBMPTN) 2021 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) turut diikuti kalangan difabel atau berkebutuhan khusus pada Kamis 15 April 2021.

Kelompok difabel yang mengikuti UTBK 2021 ini terdiri dari lima orang tunanetra dan empat orang tunadaksa yang seluruhnya dipusatkan di Gedung Digital Library UPT Perpustakaan UNY yang dbagi menjadi dua sesi.

Untuk difabel tunanetra, pihak kampus UNY menyiapkan sarana berupa perangkat alat bantu pengisian jawaban yaitu perangkat riglet dan lembar braille, serta software khusus berlisensi pembaca tampilan layar monitor yaitu NVDA (Non Visual Desktop Access).

Koordinator Information Technology (IT) UTBK UNY yang juga dosen Program Studi Fisika Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) UNY Restu Widiatmono menjelaskan secara sederhana software NVDA berfungsi mengaudiokan seluruh teks yang muncul di layar monitor. 

“Sehingga soal yang diberikan dapat "dibacakan" dengan jelas dan  didengar oleh peserta tunanetra melaui headset unit yang disediakan,” kata Restu Kamis 15 April 2021.

Restu menuturkan untuk menggunakan perangkat bantu itu, peserta tunanetra tak perlu dilatih dulu melainkan langsung mengimplementasikan. 
“Tidak perlu dilatih, karena hanya software pembaca,” ujarnya. 
Selain itu, selama UTBK setiap satu peserta didampingi satu pendamping. Sehingga dapat mengoperasikan alat itu.

“Pada alat itu, untuk akses menu misalnya dibantu, termasuk untuk memilih soal berikutnya peserta juga dibantu karena setiap satu peserta didampingi oleh satu pengawas,” katanya.

Menurut Restu, rata-rata peserta difabel yang mengikuti UTBK tu  mengambil jurusan kelompok sosial humaniora dengan pilihan program studi yang beragam.
Pranata Humas Muda Sub-koordinator Humas UNY, Sudaryono mengatakan kampus UNY ditunjuk menjadi pusat layanan UTBK yang melayani difabel tahun 2021 ini untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

“Secara nasional UNY dinilai sebagai salah satu pusat UTBK yang sudah memiliki sarana dan kemampuan pendampingan, sehingga dipercaya dapat menyelenggarakan ujian untuk difabel itu dengan baik,” kata Sudaryono.

UTBK untuk difabel itu, ujar Sudaryono, dibimbing oleh petugas sejak awal mereka datang. Satu persatu peserta UTBK difabel tunanetra dibimbing memasuki Gedung Digital Library UPT Perpustakaan UNY lalu masing-masing didampingi pendamping untuk mengerjakan UTBK itu hingga selesai dan penjemput mereka tiba. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment