News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Diikuti 4.674 Peserta, Peserta UTBK ISI Yogya Disebar di 6 Gedung dan 11 Laboratorium Komputer

Diikuti 4.674 Peserta, Peserta UTBK ISI Yogya Disebar di 6 Gedung dan 11 Laboratorium Komputer


Rektor ISI Yogyakarta Agus Burhan membuka Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK- SBMPTN) di ISI Yogyakarta Senin 12 April 2021.

WARTAJOGJA.ID : Sebanyak 4.674 peserta tecatat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK- SBMPTN) di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Senin 12 April 2021.

Rektor ISI Yogyakarta Agus Burhan merinci dari total peserta yang ikut ujian melalui kampusnya itu peserta dari DIY ada sebanyak 3.916 orang dan peserta dari luar DIY sejumlah 758 orang. 

"Seluruh proses pelaksanaan UTBK sudah kami terapkan protokol kesehatan ketat dengan menyebar peserta di enam gedung dan memanfaatkan 11 laboratorium komputer," kata Agus Burhan di sela pemantauan UTBK hari pertama di ISI Yogyakarta Senin 12 April 2021.

Burhan mengatakan pelaksanaan UTBK di ISI Yogyakarta dirancang agar tidak menimbulkan kerumunan, menjaga jarak, mencuci tangan sebelum masuk ruang dan menggunakan masker. 

Demi menjaga protokol kesehatan maka seluruh peserta akan terbagi dalam 24 sesi sehingga setiap sesi diikuti setidaknya oleh 205 orang yang terbagi dalam 11 laboratorium komputer di kampus itu.

"Setiap laboratorium komputer juga telah diatur untuk hanya digunakan sebanyak 50 persen dari kapasitasnya," kata dia.

Pelaksanaan UTBK di ISI Yogyakarta sendiri tepat dimulai pada pukul 07.15 WIB di Gedung Rektorat ISI Yogyakarta. 
 
Selain menjalani cek suhu tubuh ketika akan memasuki ruang UTBK para peserta juga wajib menunjukkan surat keterangan non reaktif / negatif Covid-19 melalui tes rapid antigen / tes genose yang berlaku 3 x 24 jam. 

Semua ini dilakukan dengan pengawasan panitia yang telah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Bantul. 

UTBK 2021 di ISI Yogyakarta, terdiri atas dua tahap, yaitu tahap satu dari 12-18 April dan tahap dua dari 26-30 April 2021. Peserta dapat memilih materi tes untuk kategori Saintek, Soshum ataupun dapat memilih materi tes untuk kategori Campuran.  


Pembukaan Ujian Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK- SBMPTN) di ISI Yogyakarta Senin 12 April 2021.

Khusus untuk hari pertama akan diadakan bagi tes kategori Campuran yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik, Tes Potensi Akademik Saintek dan dilanjutkan Tes Potensi Akademik Soshum. 
 
Hari selanjutnya akan digunakan untuk tes kategori Saintek dan Soshum secara bersamaan dalam dua sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang. Sesi pagi akan dimulai tepat pukul 07.15 WIB sampai pukul 10.30 WIB. Sedangkan sesi siang akan dimulai tepat pukul 13.20 WIB dan berakhir pukul 16.35 WIB.  

UTBK ini merupakan seleksi masuk PTN gelombang ke dua melalui Jalur SBMPTN setelah beberapa bulan sebelumnya sudah digelar melalui Jalur SNMPTN. 

Peserta yang tak lolos UTBK masih bisa mencoba peruntungan untuk mendaftar seleksi gelombang ke tiga lewat Jalur Mandiri. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment