News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Anggota DPRD Gunungkidul Supriyani Astuti Sambut Baik Perpanjangan PPKM Mikro

Anggota DPRD Gunungkidul Supriyani Astuti Sambut Baik Perpanjangan PPKM Mikro


Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Gunungkidul yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Gunungkidul Supriyani Astuti S,Sos

WARTAJOGJA.ID : Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro di DIY mulai 6 sampai 19 April 2021 nanti.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Gunungkidul yang juga 
Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Gunungkidul Supriyani Astuti S,Sos mendukung penuh langkah Pemerintah DIY itu dengan beberapa pertimbangan.

"Kami setuju sekali dengan perpanjangan PPKM Mikro itu sehingga bisa lebih menekan penularan Covid-19 yang sekarang kasusnya belum berhenti," kata Yani, panggilan Supriyani Astuti S,Sos Rabu (7/4).

Supriyani menuturkan ada dua agenda besar yang patut jadi perhatian di masa pandemi yang belum usai ini. Pertama momentum lebaran 2021 yang jatuh bulan Mei nanti dan momentum rencana pembelajaran tatap muka yang disiapkan pemerintah bagi pelajar sekolah di bulan Juni mendatang.

"Sehingga menjelang dua momentum itu, kami berharap masyarakat bisa semakin aman, sehat, jadi menekan tingginya potensi penularan dengan perpanjangan PPKM Mikro ini," katanya.

Yani menambahkan selain memperpanjang PPKM Mikro, pemerintah daerah perlu juga mengantisipasi agar tidak terjadi penularan dari mobilitas antar daerah saat momen mudik lebaran nanti. Satu hal yang jadi perhatian Yani soal rencana pelarangan mudik yang berlaku 6-17 Mei nanti.

"Insyaallah nanti untuk menekan penularan Covid-19 yang sudah menelan korban jiwa di Indonesia bisa semakin ditekan," ujar Yani.

Yani mengungkapkan pihaknya mendukung penuh semakin digencarkannya lagi penerapan protokol kesehatan yang kini telah diperluas dari 3M menjadi 5M. Selaku wakil rakyat yang selama ini bertugas menyusun dan mensosialisasikan perda-perda yang ada, Yani mengakui tak pernah absen untuk mengingatkan kepada warga dan pemerintah agar selalu tertib protokol kesehatan.


Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Gunungkidul yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Gunungkidul Supriyani Astuti S,Sos


"Jadi saat sosialisasi perda itu, kami yang ditunjuk sebagai narasumber juga selalu ingatkan kepada pihak kapanewon di desa-desa untuk siapkan alat cuci tangan, pengukur suhu hingga hand sanitizer itu," kata dia.

Yani pun tak pernah absen memantau kondisi masyarakat saat turun ke bawah dan mendapati fakta bahwa ketika warga mematuhi protokol maka penularan kasus Covid-19 juga bisa makin ditekan.

"Kondisi di Gunungkidul pun sekarang relatif lebih baik. Jika dulu saat awal awal pandemi dalam satu bulan bisa bertambah sekian puluh kasus, saat ini benar benar sudah menurun," katanya.

Yani mengungkap jika saat libur panjang wisatawan dibebaskan keluar masuk begitu saja tanpa pengawasan protokol, tentu kasus akan kembali naik. Ia mengatakan kondisi ini memang dilematis. Satu sisi masyarakat khususnya pelaku wisata harapannya wisatawan melonjak lagi namun di satu sisi pemerintah membatasi karena khawatir kasus naik lagi.

"Ini memang ibarat simalakama, pemerintah harus menekan kasus turun sedangkan masyarakat ingin ekonomi bergerak lagi," kata dia.

Yani mengatakan pihaknya mendorong agar pengawasan saat mudik lebaran tetap tidak kendor. Tetap dilakukan pemeriksaan antigen dan juga di stasiun stasiun calon penumpang discreening dengan alat GeNose demi mengantisipasi penularan pada pelaku perjalanan.

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan HB X menuangkan perpanjangan PPKM Mikro tersebut dalam Instruksi  Gubernur Nomor 10/INSTR/2021.

"Instruksi Gubernur ini mulai berlaku 6 April 2021 sampai dengan 19 April 2021," kata Sultan.

Menurut Sultan, perpanjangan PPKM Mikro mau tidak mau harus dilakukan untuk mencegah gejolak peningkatan kasus di DIY.

"Kalau tidak diperpanjang, yang lain masih merah, nanti kalau keluar dari situ (PPKM) semua daerah turun, Yogyakarta malah masih merah," kata dia. (Fin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment