News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tatap Muka Kampus Segera Dimulai, DPRD DIY Desak Civitas Prioritas Vaksinasi

Tatap Muka Kampus Segera Dimulai, DPRD DIY Desak Civitas Prioritas Vaksinasi

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana

WARTAJOGJA.ID: Rencana kampus diizinkan untuk memulai tatap muka di DIY pada akhir Maret ini turut diapresiasi kalangan DPRD DIY. 

"Saya mendukung penuh kebijakan tersebut karena selain meningkatkan kualitas pendidikan juga akan mendukung perekonomian di DIY," kata Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana Selasa (23/3).

Anggota Fraksi PKS itu mencatat PDRB DIY saat ini lebih dari 60 persen bertumpu pada sektor kampus dan pariwisata. 

Pandemi ini menurutnya betul betul berdampak besar bagi perekonomian karena dua sektor utama ini menurun tajam. 

"Kampus kuliah online dan wisata menurun drastis. Kawasan sekitar kampus sangat terdampak, kost kost mahasiswa banyak kosong bahkan banyak dijual, warung makan, dan sektor ekonomi pendukung kampus lain sangat terdampak. Wajar jika pertumbuhan ekonomi tahun lalu bahkan sampai saat ini masih negatif," kata Huda.

Dengan dibukanya kembali kuliah tatap muka, ujar Huda, merupakan cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi DIY.

Hanya pada sisi lain ia berharap juga tidak ingin pembukaan kuliah tatap muka ini meningkatkan kasus Covid kembali di DIY. 

"Pihak kampus harus betul bet mempersiapkan metode tatatp muka, protokol kesehatan hingga sarana prasarana serta berkoordinasi dengan warga sekitar kampus maupun stakeholder," kata Huda.

Ini semua, menurutnya, untuk mengantisipasi penularan Covid 19 akibat kebijakan ini. 

"Saya sangat yakin kampus mampu melakukan itu semua karena mereka adalah para akademisi yang berpendidikan. Meskipun demikian kami akan tetap memantau pelaksanaan protokol kesehatan di kampus kampus," kata Huda Tri Yudiana.

Selain itu, Huda mendorong pemda perlu mendukung dengan memprioritaskan vaksinasi untuk civitas akademika yang terlibat. 

"Kondisi ini para dosen, karyawan dan civitas akademika perlu didahulukan program vaksinasinya karena mereka akan berhadapan dengan mahasiswa dari berbagai daerah. Tidak sedikit pula dosen yang lanjut usia sehingga beresiko tinggi," kata dia.

Pemda DIY, kata Huda, sebaiknya segera berkoordinasi untuk vaksinasi kampus ini, agar bisa segera terlaksana dan masuknya mahasiswa tidak menimbulkan kluster penularan baru.

(Arifin) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment