News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemkot Yogya Gelar Vaksinasi Massal Covid-19 Dosis Kedua

Pemkot Yogya Gelar Vaksinasi Massal Covid-19 Dosis Kedua



WARTAJOGJA.ID: Pemerintah Kota Yogyakarta menggelar vaksinasi massal Covid-19 dosis kedua bagi pedagang Pasar Beringharjo, pedagang kaki lima dan pekerja sektor informal Malioboro pada 15-20 Maret 2021. Vaksinasi dosis kedua itu ditujukan kepada peserta vaksinasi massal usia di bawah 60 tahun yang sebelumnya telah mendapat suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama.

Vaksinasi massal dosis kedua diadakan di Pasar Beringharjo lantai 3, Benteng Vredeburg dan Taman Parkir Abu Bakar Ali. Peserta vaksinasi massal yang sudah mendapatkan suntikan pertama diminta datang ke lokasi vaksinasi massal dosis kedua sesuai jadwal hari saat vaksin dosis pertama. Para peserta vaksinasi massal diminta membawa KTP dan kartu vaksin atau imunisasi Covid-19 yang telah diberikan saat vaksinasi dosis pertama.

“Layanan vaksinasi di Pasar Beringharjo untuk dosis kedua hanya ditujukan untuk pedagang yang sudah mengikuti suntikan pertama,” kata Penanggung Jawab Vaksinasi di Pasar Beringharjo dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Yudiria Amelia, di sela vaksinasi, Senin (15/3).

Pihaknya menegaskan dalam vaksinasi massal dosis kedua tidak melayani pedagang yang belum mendapat suntikan dosis pertama. Diakuinya sempat ada satu pedagang yang belum mengikuti vaksinasi dosis pertama karena kadar gula darah tinggi, tapi lalu datang ke lokasi suntikan dosis kedua. Pedagang itu lalu diarahkan vaksinasi dosis pertama di puskesmas.

“Untuk di Pasar Beringharjo, sampai saat ini tidak ada laporan kejadian ikutan pasca imunisasi. Berjalan lancar,” ujarnya.

Dia menyampaikan vaksinasi Covid-19 juga sudah menyasar pedagang Pasar Lempuyangan dan Pasar Telo di fasilitas layanan kesehatan terdekat. Para pedagang semua pasar tradisional di Kota Yogyakarta sudah masuk dalam data penerima vaksinasi Covid-19 dan akan dilayani di fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Sedangkan bagi pedagang berusia di atas 60 tahun dan sudah mengikuti vaksinasi massal pada 1-6 Maret 2021, penyuntikan dosis kedua pada Sabtu 3 April 2021 di Benteng Vredeburg. Hal itu karena penyuntikan vaksin Covid-19 dosis kedua bagi lanjut usia, minimal 28 hari setelah penyuntikan vaksin pertama.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwisutono mengatakan, vaksinasi Covid-19 dosis kedua awalnya diarahkan ke puskesmas. Tapi diubah dan dilaksanakan secara massal lagi di lokasi vaksinasi dosis pertama. Pada vaksinasi dosis pertama ada 4.197 pedagang Pasar Beringharjo yang divaksin. Itu karena sebagian pedagang harus menunda vaksinasi karena kondisi kesehatan tidak memungkinkan.

“Pelaksanaan vaksinasi dosis kedua di Pasar Beringharjo untuk memudahkan pedagang. Hari dan jam kedatangan pedagang diatur sesuai waktu vaksinasi dosis pertama. Para pedagang antusias divaksin untuk keamanan bersama dan protokol kesehatan tetap terus dijalankan di pasar,” papar Yunianto.

Salah seorang pedagang Pasar Beringharjo, Triyem(53) mengaku tidak merasakan efek samping setelah mendapat suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua. Dia berharap vaksinasi bisa membuat tubuh lebih sehat dan mampu melawan virus corona. “Tidak ada rasa sakit. Biar sehat terus,” imbuh pedagang sayur itu. (Cak/Rls) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment