News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jelujur Nusantara Launching “Integrasi Hakikat Batik dengan Kekayaan Nilai Indonesia”

Jelujur Nusantara Launching “Integrasi Hakikat Batik dengan Kekayaan Nilai Indonesia”



Jelujur Nusantara Launching “Integrasi Hakikat Batik dengan Kekayaan Nilai Indonesia”


WARTAJOGJA.ID : Indonesia telah dikenal dengan ragam nilainya yang tersebar luas di seluruh penjuru Nusantara. 

Negara ini memiliki segalanya flora, fauna, hingga kekayaan alam yang tiada habisnya. 

Melalui tajuk ‘Jelujur Nusantara’, Batik Enom sebagai salah satu penjaga kekayaan nilai Indonesia, melakukan inisiatif untuk memperkenalkan dan menjaga keagungan berbagai khazanah Indonesia yang tersebar di berbagai daerah. 

"Batik Enom berkeinginan untuk melestarikan beragam khazanah tersebut melalui kombinasi nilai dan tradisi kebudayaan batik dengan beragam peninggalan yang tersebar di seluruh Nusantara," kata Founder Batik Enom, Devie Fransisca dalam acara konferensi pers sekaligus launching ‘Jelujur Nusantara’ dari Enom 17 Maret 2021 secara daring.

Semakin berkurangnya pemahaman dan kondisi beragam nilai di Indonesia memberikan urgensi untuk memperkenalkan kekayaan Indonesia kembali ke permukaan. 

"Ragam nilai Indonesia cenderung menunjukkan gejala bahwa kelestariannya terancam – kondisi yang hanya bisa dihentikan apabila insan Indonesia memiliki pemahaman bersama tentang pentingnya menjaga nilai dan kekayaan bangsanya," kata Devie.
 




Launching Jelulur Nusantara secara daring

Mengambil nama ‘Jelujur Nusantara’ sebagai penggambaran suatu perjalanan ‘mengelilingi’ Indonesia dan berinteraksi dengan kekayaan negeri, kampanye ini memiliki tiga aktifitas utama. 

"Yakni pengembangan produk, dimana Enom akan memvisualisasikan berbagai khazanah Nusantara melalui tradisi dan kreatifitas pola Batik yang diciptakan oleh #TemanEnom," tegas Devie.

Aktifasi ini bertujuan untuk memancing rasa ingin tahu dan kecintaan generasi Bangga Berbatik atas berbagair ragam peninggalan Nusantara.

Kedua, aktivasi komunitas, dimana Enom akan melibatkan berbagai komunitas dan elemen masyarakat dalam upaya bersama, menjaga dan melestarikan seluruh khazanah kebudayaan Nusantara.

"Aktifitas ini berfokus pada kolaborasi dengan berbagai komunitas yang aktif menjaga keunikan daerahnya masing-masing, serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya bersama," tutur Devie.
 
Ketiga, kampanye edukasi, dimana Enom akan memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang kekayaan khazanah Nusantara kepada masyarakat.


Fashion Show launching Batik Enom


Dalam menjalankan kampanye Jelujur Nusantara, Enom mengajak serta empat organisasi kolaborator yang telah lama berkontribusi untuk menjaga nilai-nilai kekayaan Indonesia di daerahnya masing-masing. 

Ketiga kolaborator itu adalah Centre of Orangutan Protection (COP) yang berfokus pada perlindungan orang utan dan habitatnya; Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu yang berupaya melindungi puspa langka Bengkulu dari ancaman kepunahan; ; dan Project Child Indonesia yang terus berkontribusi untuk memberikan pendidikan yang setara bagi anak Indonesia di tepi sungai – varian alam yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. 

"Seluruh komunitas ini memiliki visi yang sejalan dengan Enom – dimana Enom berkomitmen untuk menjaga bumi dengan menjadi merek batik yang eco-friendly dan mengedepankan prinsip
zero waste," ujar Devie.

Produk-produk Jelujur Nusantara sudah bisa didapatkan melalui store Enom di Jalan Sagan, Margaria Malioboro, Jl. Solo, dan Kotagede. Marketplace seperti Shoppee, zalora, blibli, dan website Enom.id (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment