News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hujan Es Sebesar Kelereng Terjadi di Sleman, Ini Penjelasan BMKG

Hujan Es Sebesar Kelereng Terjadi di Sleman, Ini Penjelasan BMKG

 

Penampakan hujan es yang jatuh di kalurahan Bangunkerto Turi Sleman
Selasa (2/3/2021) (dok. BPBD Sleman)


WARTAJOGJA.ID : Fenomena cukup langka terjadi di wilayah Turi Sleman hari ini Selasa (2/3).

BPBD Sleman melaporkan adanya peristiwa hujan es yang terjadi di wilayah Kalurahan Bangunkerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, sore ini sekitar pukul 15.00 WIB.

Peristiwa hujan es itu bersamaan dengan kejadian hujan lebat disertai angin kencang.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan, menjelaskan hujan es tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB sore ini.

"Hujan es terjadi di Sleman. Sementara yang terpantau itu di Bangunkerto, Turi, sekitar pukul 15.00 WIB tadi," kata Makwan Selasa (2/3/2021).

Hujan es tersebut hanya berlangsung sebentar. Makwan juga menyebutkan tidak ada dampak kerusakan yang ditimbulkan dari hujan es.

"Hujan es cuma sebentar, sekitar 10 menit dan tidak ada dampak kerusakan. Hujan esnya sebesar kelereng," katanya.

Namun Makwan mengatakan, beberapa wilayah terdampak hujan lebat disertai angin kencang. Ia menyebut beberapa wilayah dilaporkan ada pohon tumbang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta pun merespon terkait fenomena hujan es di wilayah Turi, Sleman sore ini.

Disebutkan bahwa dari pantauan radar cuaca BMKG memang terlihat ada aktivitas pergerakan awan cumulonimbus (Cb).

“Awan ini yang menyebabkan terjadinya hujan es, hujan lebat disertai petir dan angin kencang ,” ujar Kepala Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi (BMKG) Yogyakarta Reni Kraningtyas dalam keterangannya.



Stasiun Klimatologi BMKG Yogya telah mengeluarkan peringatan dini soal kondisi itu sejak pukul 14.15 WIB.

Peringatan dini cuaca DI Yogyakarta tanggal 2 Maret 2021 pukul 14:15 WIB itu menyebut ada potensi terjadi hujan sedang-lebat meliputi Kabupaten Sleman yakni di Kecamatan Tempel, Turi, dan Pakem. Namun cuaca buruk itu berpotensi meluas ke Kecamatan Seyegan, Gamping, Godean, Mlati, Depok, Berbah, Prambanan, Kalasan, Ngemplak, Cangkringan  dan sekitarnya hingga pukul 16.45 WIB

Selain itu hujan lebat dan angin kencang juga diprediksi terjadi di Kabupaten Kulon Progomeliputi Kalibawang,  dan sekitarnya.

“Hujan lebat di Kabupaten Gunungkidul meliputi Kecamatan Ngawen dan dapat meluas ke wilayah Gedangsari, Patuk, Nglipar, Semin, Ponjong, dan Karangmojo, “ ujarnya.

(Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment