News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Waspada, 24-28 Februari Pesisir Selatan Yogya Dilewati Sirkulasi Siklonik

Waspada, 24-28 Februari Pesisir Selatan Yogya Dilewati Sirkulasi Siklonik


Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati (ist)


WARTAJOGJA.ID: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) peringatkan warga di pesisir DIY agar berhati-hati pada tanggal 24-28 Februari 2021.

Pasalnya, wilayah selatan atau pesisir DIY akan dilewati sirkulasi siklonik. Fenomena ini bukanlah badai siklon, tetapi hanya benihnya atau bibitnya yang tidak berkembang sampai menjadi badai siklon tetapi berdampak meningkatkan curah hujan, angin kencang, gelombang tinggi.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyampaikan pihaknya bertemu dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X salah satunya adalah untuk menyampaikan bahwa ada akhir bulan Februari 2021 wilayah pesisir DIY akan dilalui sirkulasi siklonik itu.

"Waspada hujan lebat pada tanggal 24-28, karena ada pengaruh sirkulasi siklonik. Awalnya ini dari utara Australia sekarang sudah sampai di selatan Nusa Tenggara, dan diprediksi sampai DIY pada tanggal 25," katanya saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Selasa (23/2/2021).

Lanjut dia, sirkulasi siklonik berjarak ratusan kilometer dari Gunungkidul tetapi diperkirakan akan berdampak hingga pesisir, yang bisa mengakibatkan gelombang tinggi, dan juga angin kencang.


"Dampaknya bisa sampai pesisir, bisa menyebabkan gelombang tinggi, angin kencang, dan curah hujan tinggi," katanya.

Dwikorita menambahkan, untuk angin diprediksi bisa sampai ke Jalan Dandels yang terletak di Kulon Progo. "Kami tadi juga bertemu dengan kepala BPBD agar untuk antisipasi angin kencang ini, semoga angin tidak sampai memutar hanya kencang saja," kata dia.

Dia mengimbau para nelayan yang melaut harus lebih hati-hati, karena adanya sirkulasi siklon. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment