News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pendopo Aspirasi PKS Jogja Diluncurkan, Ini Misinya

Pendopo Aspirasi PKS Jogja Diluncurkan, Ini Misinya





WARTAJOGJA.ID: Anggota Komisi I DPR RI Sukamta bersama Sekretaris DPD PKS Kota Jogja Budi Wiyarno menghadiri acara soft launching Pendopo Aspirasi di Kantor DPD PKS Kota Jogja, di Jalan Sidikan, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta Rabu (24/2).

Pendopo Aspirasi itu langsung diresmikan anggota Komisi I DPR RI Sukamta yang sekaligus menggelar reses ataupun jaring aspirasi.

Politisi PKS asal Daerah Pemilihan DIY itu mengapresiasi pendirian Pendopo Aspirasi. 

Menurutnya, pendopo memiliki fungsi untuk membangun kebersamaan sekaligus sebagai ajang silaturahim publik. Semangat itu sesuai dengan tujuan awal didirikan PKS. 

“Ini seiring dengan tujuan pendirian PKS yaitu memberikan kemanfaatan yang besar-besarnya bagi bangsa Indonesia, ” ucapnya.

Tamatan S3 Teknik Kimia The University Of Salford England, itu mengungkapkan baik-baik saja jika DPD PKS lainnya juga mendirikan Pendopo Aspirasi, namun tentunya menyesuaikan keluasan ruang ataupun lahan yang ada. 

Adapun dalam kesempatan jaring aspirasi itu Sukamta banyak menyampaikan terkait persoalan-persoalan terbaru yang sedang dihadapi bangsa seperti kemungkinan revisi UU ITE serta tentang kasus jual beli senjata di Papua Barat.

Sementara itu Sekretaris DPD PKS Kota Jogja Budi Wiyarno menjelaskan keberadaan Pendopo Aspirasi sebagai tempat baru yang difungsikan untuk meluaskan titik sentuh masyarakat. 

“Musda mengamanahkan perolehan suara PKS Kota Jogja ditargetkan 15%, Kami di DPD akan membuka titik titik sentuh, pendopo ini bagian dari prototipe untuk memperluas titik sentuh PKS secara lebih luas,” terangnya.

Adapun penghitungan politik dengan target perolehan suara 15% jika dikonversi dari 40 kursi total anggota DPRD Kota Jogja, maka ditargetkan sebanyak 7 kursi dari saat ini jumlah perwakilan PKS sebanyak 5 kursi. 

Jika target itu tercapai, maka akan mengantarkan PKS memiliki kursi Pimpinan DPRD Kota Jogja. 

“Targetnya dapat pimpinan dewan. Apakah target itu realistis atau tidak? Insya Allah akan kita realistiskan dalam program program yang akan kita bahas di Muskerda, kami masih menunggu agenda itu, ” terangnya.

Budi berujar pendirian Pendopo Aspirasi bagian dari program untuk mengembangkan PKS. “Jadi kantor partai itu bukan sebagai kantor administratif. Tapi sekaligus bisa digunakan untuk ruang kegiatan publik, ” papar dia.

Menurutnya, pembukaan Pendopo Aspirasi sebagai langkah awal untuk lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat. Sejauh ini, masyarakat sekitar menyambut baik keberadaan pendopo itu yang ditunjukkan bahwa belum lama ini warga RT 19 Pandeyan, Umbulharjo memanfaatkannya, dan pada hari Sabtu pekan ini, ibu-ibu masyarakat sekitar akan menggunakan untuk kegiatan senam bersama.

“Respon masyarakat juga cukup bagus, jadi memang kantor PKS ini bukan sekedar kantor administrasi yang hanya dihuni pengurus, tapi untuk seluruh masyarakat untuk bersama sama membangun Indonesia lebih baik,” papar dia.

Budi mengakui konsep awal pendirian pendopo sebetulnya untuk bangunan Joglo namun dalam perkembangannya menjadi limasan. “Akhirnya karena ada perdebatan maka disepakati menjadi pendopo, ” tandas dia. Acara soft launching 

Pendopo Aspirasi dan Jaring Aspirasi tersebut juga dihadiri pengurus dari perwakilan masing-masing DPC di Kota Jogja. (Arifin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment