News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

OPPO 5G Academy : Meneropong Canggihnya Teknologi 5G Bagi Industri Dan Aktivitas Sehari-Hari

OPPO 5G Academy : Meneropong Canggihnya Teknologi 5G Bagi Industri Dan Aktivitas Sehari-Hari

 OPPO 5G Academy Vol 1: 5G Talk With Reno5


WARTAJOGJA.ID: Internet seluler "generasi kelima (fifth generation / 5G)" yang sangat cepat sedang ramai dibahas di dunia belakangan ini. 

Teknologi internet 5G diketahui sebagai generasi terbaru dari jaringan internet, yang menjanjikan kecepatan unduhan 10 hingga 20 kali lebih cepat daripada kecepatan internet yang tersedia sekarang.

Nah, guna mengetahui mendalam soal teknologi ini, OPPO, yang baru meluncurkan OPPO Reno5 5G, untuk menggelar OPPO 5G Academy Vol 1: 5G Talk With Reno5 5G sebagai wadah untuk berbagi informasi dan edukasi mengenai pentingnya pengaplikasian teknologi 5G di Indonesia dan bagaimana kesiapan OPPO dalam menyediakan perangkat yang mendukung 5G paa Kamis 4 Februari 2021 secara daring.

Hadir dalam OPPO 5G Academy Vol 1 itu sejumlah narasumber menarik. Mulai dari Aryo Meidianto A., PR Manager OPPO Indonesia, Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia dan Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren Telecom.

OPPO sendiri menyatakan telah siap menyongsong era jaringan 5G di Indonesia dengan menghadirkan berbagai produk baru. OPPO Indonesia telah memperkenalkan ponsel 5G pertama yakni OPPO Reno 5G. 

PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto Aji mengatakan, saat ini pihaknya telah siap menyongsong teknologi 5G ketika nantinya pemerintah sudah menyediakan spektrum 5G. “Kami siap menyambut generasi 5G,” katanya.

Spesifikasi Oppo Reno 5 5G memiliki layar 6,4 inch Amoled 90 hz. Ponsel ini mempunyai kemampuan AI Highlight Video; Live HDR; dan Ultra Night Video. Adapula AI Mixed Portrait dan Dual-View Video. Oppo Reno 5 5G ini menggunakan Operating Sistem Color OS 11.1 (Android 11).

 “Meski belum didukung infrastruktur 5G (di Indonesia), Oppo Reno 5 5G tetap bisa digunakan memakai infrastruktur 4G saat ini,” katanya. 

Menurut Aryo, ketika nantinya Indonesia sudah didukung jaringan 5G akan ada banyak perkembangan dari berbagai sektor bisnis. Seperti multimedia, cloud computing, maupun aplikasi berbasis cloud. 

Aryo mengatakan, bagi mereka yang memakai ponsel dengan jaringan 5G akan banyak perkembangan yang dialami. Seperti latensinya yang cukup rendah mencapai 1 milidetik dibandingkan dengan jaringan 4G LTE yang latensinya 30-40 milidetik. 

 OPPO Reno5 5G

Salah satu dampaknya yang bisa dirasakan yakni bisa memainkan game Triple AAA di smartphone secara online tanpa membebani grafik/GPU ponsel. “OPPO pernah menguji cloud gaming di Mobile World Congress (MWC). Memakai platform Shadow kami memainkan game yang servernya di Belanda,” katanya. 

Menurut Aryo, latensi rendah dan kecepatan tinggi jaringan 5G akan memungkinkan platform Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality jadi lebih lancar. ”Permintaan terhadap AR sudah ada. Akan banyak kacamata AR yang masuk Indonesia, dan ini akan memberi pengalaman baru bagi konsumen,” ucapnya.

Deputy CEO Mobility Smartfren Telecom, Sukaca Purwokardjono yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, teknologi yang mampu membuat kecepatan berselancar di dunia maya dengan kecepatan tersebut adalah teknologi 5G. 

 OPPO Reno5 Series


“Kami sudah melakukan trial pada tahun lalu, memang teknologi 5G adalah keniscayaan untuk hadir di Indonesia. Agar, salah satunya, bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi kita,” kata dia. 

Sementara, Country Director Qualcomm, Shannedy Ong mengatakan, dari sisi teknologi pihaknya telah siap menyongsong teknologi 5G yang diiharapkan bisa hadir pada akhir tahun ini. “Kuncinya adalah kolaborasi. Berkolaborasi agar 5G bisa terwujud. Semoga tahun ini,” ucapnya. (Cak/Rls) 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment