News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Luncuran Awan Panas Merapi Mulai Agak Jauh, Dekati 2 Kilometer 

Luncuran Awan Panas Merapi Mulai Agak Jauh, Dekati 2 Kilometer 


Guguran awan panas Merapi (BPPTKG)



WARTAJOGJA.ID: Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mendeteksi luncuran awan panas cukup jauh pada Kamis petang 25 Februari 2021.

"Malam ini terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi dengan estimasi jarak luncur ±1900 meter ke arah barat daya sekitar pukul 18.42 WIB," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida.

Awan panas guguran ini lebih jauh dibanding waktu waktu sebelumnya yang rata rata lontarannya dalam rentang jarak 1000 meter dari puncak.

Untuk awan panas cukup jauh malam ini sendiri tercatat di seismogram dengan amplitudo 51 milimeter dan durasi 175 detik. Adapun tinggi kolom tidak teramati karena puncak berkabut.

Selang dua jam sebelumnya, BPPTKG juga mendeteksi awan panas guguran terjadi 1 kali pukul 16.52 WIB dengan tinggi kolom tak teramati, amplitudo 37 milimeter, durasi 115 detik dengan estimasi jarak luncur 1.500 meter ke arah barat daya.

"Untuk status Merapi saat ini tetap Siaga," katanya.

Potensi bahaya saat ini belum berubah yakni berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

"Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya," ujar Hanik. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment