News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kulon Progo Launching Musik Khas Krumpyung

Kulon Progo Launching Musik Khas Krumpyung



Musik Krumpyung khas Kulon Progo (ist)


WARTAJOGJA.ID:  Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Kulon Progo meluncurkan musik krumpyung sebagai musik khas yang akan menghiasi di sejumlah usaha jasa pariwisata (ujp) baik hotel, restoran dan tempat-tempat pariwisata. 

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Kulon Progo, Joko Mursito mengatakan selama ini musik dengan bernuansa angguk ini lebih dikenal oleh masyarakat sebagai iringan tari. 

Namun sekarang ini musik krumpyung menjadi musik ilustrasi. 
"Karena selama ini, kami juga masih melihat banyak warung yang menggunakan musik dari Bandung dan Bali.

Untuk itu, kami coba gelorakan musik krumpyung ini di sejumlah ujp. Ada 50 keping CD untuk diapresiasi dulu sembari menunggu feedback kekurangannya untuk disempurnakan," tuturnya Minggu(28/2/2021). 

Musik tersebut oleh Joko kemudian disimulasikan di pantai wewe (papan santai warna wisata) yang berada di kompleks Dinpar Kulon Progo. 

Joko mengungkapkan pantai wewe tercipta karena di masa pandemi banyak keterbatasan ketika mengadakan pertemuan di ruang tertutup dengan menggunakan AC yang sedikit dihindari. 

Kemudian, ia menciptakan ruang untuk pertemuan di area terbuka dengan memanfaatkan tempat yang sebelumnya tidak termanfaatkan. 
Hal ini dilakukan sebagai upaya memberikan contoh. 

"Kalau kita koar-koar ke masyarakat dan destinasi wisata untuk membuat destinasi wisata yang bagus dan mengemas pariwisata yang baik tanpa dilakukan dari unit terkecil hasilnya non sense.Sehingga kami berikan contoh dari lingkungan kantor," ucapnya.

Terlebih aura wisata yang terdapat di kantor Dinpar Kulon Progo dapat menjadikan orang yang datang ke kantor tersebut cukup senang. 

Adapun dalam pembuatan musik krumpyung bernuansa angguk ini dengan melibatkan sejumlah seniman di Kulon Progo untuk berkreasi mengangkat potensi daerah menjadi identitas. 

Sebab melalui identitas musik dan tarian akan memperkuat jati diri dan mengangkat citra daerah. (Trb/Ves)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment