News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dirjen Dikti : UII Terus Hasilkan Arsitek Andal  

Dirjen Dikti : UII Terus Hasilkan Arsitek Andal  





WARTAJOGJA.ID:  Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menggelar Sumpah Profesi Arsitek Angkatan ke-6 Tahun 2021 Program Studi Profesi Arsitek Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) pada Kamis, (11/2) secara daring. 

Diharapkan para arsitek andal dan berkualitas ini mampu untuk terus memenuhi kebutuhan dalam maupun luar negeri.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayan Prof Nizam mengatakan, UII yang merupakan salah satu kampus tertua di Indonesia terbukti berhasil dalam mencetak arsitek-aritek andal dan berkualitas.

“Kami berharap UII terus mengasilkan arsitek-arsitek sesuai dengan kebutuhan dalam negeri maupun dunia Internasional,” kata Nizam.

Nizam berkata, selama ini UII menjadi salah satu ujung tombak sangat penting, sekaligus membuktikan arsitek-arsitek Indonesia yang kompetitif serta kompatibel. Menurutnya, kebutuhan akan arsitektur yang andal, profesional dan berkualitas baik merupakan tantangan Indoensia saat ini dan ke depan.

“Profesi ini harus selalu siap. Profesi arsitek terbuka batas negara,” ucapnya.

Sementara, Perwakilan wisudawan, Wan Kasali Murphy mengatakan banyak pengalaman yang berkesan selama menempuh pendidikan di UII. Seperti pengalamannya saat memperoleh berkesempatan mengikuti sayembara desain ibukota negara pada 2019.

Dirinya mengaku, beragam pengetahuan seputar perancangan kota menjadi pengalaman berharga baginya.

”Kami harus lembur di studio. Ini bukan hal baru bagi mahasiwa arsitektur karena terbiasa padat kegiatan hingga rela memotong waktu tidur,” katanya.

Wan mengatakan, dari event tersebut dirinya dan rekan-rekannya juga memperoleh pengetahuan kemampuan kerja sama tim. Meski belum meraih juara namun pengalaman itu mengesankan dan terasa istimewa.

Prosesi pengambilan janji arsitek dilakukan oleh Dekan FTSP UII, Miftahul Fauziah, dilanjutkan penyerahan selempang dan SKPI oleh 

Ketua Jurusan Arsitektur UII, Noor Cholis Idham,  serta penyerahan SKA Arsitek Muda oleh Ketua Ikatan Arsitek (IAI) DIY, Ahmad Saifuddin Mutaqi. Acara dilanjutkan sambutan Rektor UII, Fathul Wahid maupun Ketua Umum IAI Nasional diakhiri sesi foto bersama secara virtual. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment