News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sah, Ini Nahkoda DPW PAN DIY 2020-2025

Sah, Ini Nahkoda DPW PAN DIY 2020-2025


Pengurus baru PAN DIY 2020-2025 (ki-ka) : Suharwanta, Indaruwanto Eko Cahyono, Arif Kurniawan


WARTAJOGJA.ID: Perhelatan Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-5 Partai Amanat Nasional (PAN) DIY yang digelar di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Rabu (30/12) akhirnya usai dan seluruh rangkaian sukses berjalan lancar serta tertib protokol kesehatan.

Acara yang dihadiri sejumlah tokoh itu akhirnya menghasilkan kepengurusan baru periode 2020-2025.

Yang menahkodai partai matahari terbit di DIY periode lima tahun ke depan yakni Ketua Suharwanta atau akrab disapa Harwanta, Sekretaris Indaruwanto Eko Cahyono dan Bendahara oleh Arif Kurniawan.

Suharwanta sendiri bukan orang baru dalam tubuh PAN DIY. Dirinya juga merupakan Wakil Ketua DPRD DIY yang selama ini cukup kritis tentang berbagai isu baik dari kebijakan anggaran hingga berkait sosial kemasyarakatan.

Adapun Indaruwanto Eko Cahyono, legislator DPRD Kota Yogya termuda dan merupakan peraih suara tertinggi kedua dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 silam. Ndaru, panggilan akrab Indaruwanto, saat ini menjadi salah satu Pengurus Pusat Barisan Muda (BM) PAN.

Adapun Arif Kurniawan juga politikus PAN gaek yang sempat menjadi Sekretaris DPD PAN Sleman. Yang sudah amat paham dengan manajemen organisasi khususnya internal PAN.

Adapun mekanisme pengambilan keputusan Muswil ke-5 PAN DIY melalui musyawarah mufakat. 

Pada awalnya penjaringan sebanyak 12 nama calon formatur, kemudian diretas menjadi empat nama namun oleh DPP dilakukan perubahan dari empat nama menjadi enam nama.

“Jadi, tadi dari semua yang mendaftarkan itu diajukan ke DPP, kemudian dilakukan verifikasi, lalu dikembalikan ke forum Muswil untuk calon formatur sejumlah enam orang, ” kata Ndaru.

Dari keenam orang dibawa oleh DPP kemudian diumumkan di forum Muswil untuk dimintakan persetujuan peserta sidang. 

“Ditanyakan ke seluruh peserta apakah disetujui. Akhirnya disetujui oleh peserta muswil untuk enam orang formatur, ” ucap anggota DPRD Kota Jogja, itu.

Ke enam orang itu adalah Suharwanta, Indaruwanto Eko Cahyono, Arif Kurniawan, Heroe Purwadi, Sugeng Nurmanto dan Affan Baskara. 

Enam orang itu kemudian melakukan musyawarah mufakat hingga akhirnya menunjuk posisi Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Untuk tiga nama lainnya belum dipastikan.

“Kemudian enam orang formatur itu rapat untuk menentukan Ketua formatur.

Di situ disetujui dengan cara musyawarah menunjuk Pak Suharwanto menjadi ketua formatur, setelah disetujui di rapat formatur tersebut lalu nama-nama itu dikirim ke DPP, ” terang dia.

Sementara Harwanta sendiri menyatakan kesiapannya melaksanakan amanah Muswil ke-5 PAN DIY. 

“Juga akan menjalankan program- partai untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat DIY,” terang politisi asal Daerah Pemilihan Bantul Timur, itu.

Dua hari menjelang Muswil ke-5 PAN DIY, Rabu (28/12) kemarin, Harwanta yang juga menjadi Ketua Steering Committee (SC), sudah menabuh optimisme di tubuh PAN. 

Kendati PAN saat ini telah ditinggalkan Amien Rais namun PAN telah memiliki pengalaman banyak karena sudah berkiprah 20 tahun.
“Kita tetap optimistis. Patah satu tumbuh seribu. Jadi tetap optimis. Sudah 20 tahun lalu sudah banyak pengalaman. Sudah belajar banyak bagaimana kerja kerja politik,” ucap dia.

Agenda.Muswil PAN DIY ke 5 tersebut dihadiri oleh Wasekjen PAN Ahmad Johan, Ketua DPP PAN Sigit Purnomo Said, Ketua POK DPP PAN DIY Mumtaz Rais, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Bupati Kulon Progo Sutedjo, Bupati Bantul Terpilih Abdul Halim Muslih, dan kader-kader PAN. Sementara, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengikuti agenda tersebut secara daring.

(Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment