News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jaga Semangat Belajar Mandiri Saat Pandemi Covid-19, PPKn UAD Gelar Kuliah Umum

Jaga Semangat Belajar Mandiri Saat Pandemi Covid-19, PPKn UAD Gelar Kuliah Umum



JAGA KUALITAS : Prodi PPKn FKIP UAD mengadakan kuliah umum Menjaga Semangat Belajar Mandiri di Masa Pandemi Covid 19.


WARTAJOGJA.ID : Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengadakan kuliah umum dengan tema “Menjaga Semangat Belajar Mandiri di Masa Pandemi Covid 19”.

Kegiatan tersebut menghadirkan pembicara Kaprodi Pendidikan Kewarganegaraan FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Dr. Susan Fitriasari, M.Pd., dengan moderator dosen UAD Syifa Siti Aulia, M.Pd.

600 peserta tercatat bergabung melalui zoom meeting dan kanal YouTube PPKn UAD. Yakni mahasiswa, dosen, alumni, guru, dan pemerhati pendidikan lainnya. 

Kaprodi PPKn UAD Dikdik Baehaqi Arif, M.Pd. menuturkan, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, perlu dibarengi dengan semangat belajar mandiri dari para peserta didik dan tenaga kependidikan.

“Belajar mandiri bukan sekadar meminta peserta didik untuk belajar sendiri, tetapi bagaimana menciptakan prakarsa mereka untuk belajar,” ujarnya, kemarin (28/12).

Sementara itu, Wakil Dekan FKIP UAD Dr. Dody Hartanto, M.Pd., mengapresiasi kegiatan dan pemilihan tema yang menurutnya sejalan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang tak kunjung selesai.


"Mengingat kegiatan akademik semester genap di UAD yang juga masih dilaksanakan secara daring," ungkapnya.

Susan menyampaikan, saat physical distancing proses pembelajaran hanya bisa digunakan secara virtual. Oleh sebab itu, kemandirian belajar bagi peserta didik sangat diperlukan untuk tetap menjaga kualitas belajar.

"Sebagai pendidik, harus terus mendorong peserta didiknya agar tetap bersemangat melaksanakan tahap demi tahap proses pembelajaran," terangnya.

Kuliah umum diakhiri dengan pembagian door prize untuk para peserta kuliah umum. Yakni berupa buku-buku hasil karya dosen Prodi PPKn FKIP UAD, dan Dr. Susan Fitriasari, M.Pd. (Subiyantoro)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment