News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ki Seno Wafat, Gandung Pardiman Kenang Kejutan Manis Sang Dalang Untuk Golkar

Ki Seno Wafat, Gandung Pardiman Kenang Kejutan Manis Sang Dalang Untuk Golkar

 

Anggota DPR RI Gandung Pardiman saat
mengundang dalang Ki Seno Nugroho 


WARTAJOGJA.ID: Ketua DPD Golkar DIY Anggota DPR RI Gandung Pardiman mengaku sangat kaget dan terpukul ketika mendengar kabar meninggalnya dalang Ki Seno Nugroho pada Selasa 3 November 2020 kemarin.

Di mata Gandung dan juga kader Golkar lain, Ki Seno bukan sekedar dalang. Namun juga teladan yang hangat dan cerdas sekaligus jenaka. 

Gandung pun mengenang,  belum lama ini dalang Seno Nugroho pernah memberikan kejutan ketika menampilkan Wayang Climen HUT Golkar 20 Oktober 2020. Saat itu tanpa disangka sangka, seluruh kru dan dalang Seno Nugroho mengenakan seragam kuning khas warna dominan partai Golkar.

"Jadi terus terang saya kaget. Saya merasa sangat kehilangan karena belum lama ini saya juga ketemu pak Seno dan mulai dekat setelah saya nanggap wayang climen dalam rangka HUT Golkar bulan Oktober lalu," ungkap Gandung Pardiman yang juga ketua DPD Golkar DIY.

Dan, rencananya juga, saat nanggap wayang climen Ki Seno tanggal 8 November besok Gandung juga akan memberikan kejutan dan dengan kuiz berhadiah Rp 10 juta rupiah. "Tetapi Tuhan ternyata berkehendak lain," ujarnya. 

Dunia Seni budaya dikejutkan dengan berita meninggalnya dalang muda kreatif dan inovatif Ki Seno Nugroho selasa.malam ( 3/11/2020) di RS PKU Muhammadiyah Gamping Sleman.  

Dunia pewayangan dan Bangsa Indonesia  kehilangan seorang seniman dan dalang yang membuat gebrakan baru dalam dunia  pewayangan. Dimana gebrakannya melalui wayang climen telah memberikan salah satu solusi cara mengatasi masa pandemi bagi seniman panggung yang sempat limbung karena tidak ada jadwal manggung akibat pandemi covid 19.

Anggota DPR RI Gandung Pardiman
saat bersama dalang Ki Seno Nugroho 


"Golkar DIY rencananya tanggal 8 November 2020 wayangan climen bersama dalang Seno Nugroho. sebelumnya tanggal 23 Oktober 2020 juga wayangan Climen dengan lakon Pandawa kumpul. Nah rencana besok ( 8 November 2020) dengan lakon Wahyu Manunggal dan saya akan memberi kejutan kepada pak Seno ," terang Gandung Pardiman yang juga ketua DPD Golkar DIY.

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar dapil DIY ini mengatakan, kita sangat kehilangan sosok dalang yang berhasil memikat  generasi muda untuk mulai mencintai wayang.

" Kita tahu  dalang Seno telah berhasil merangkul generasi muda mulai mencintai wayang. Ini satu prestasi luar biasa,' ungkap Gandung.

Meskipun tanggal 8 November 2020 DPD Golkar tidak jadi wayangan, namun jajaran pengurus DPD Golkar DIY pada tanggal tersebut akan menggelar doa bersama untuk Ki Seno Nugroho.

" Tanggal 8 November kita tidak jadi wayangan tapi kita gelar doa bersama untuk pak Seno.  Mengenai tempat doa bersama bisa  di kediaman  almarhum Pak Seno di Sedayu atau di kantor DPD Golkar DIY. Manusia hanya bisa berencana namun Allah Yang Maha Kuasa yang menentukan. Ki Seno telah dipanggil Allah SWT dan semoga khusnul khatimah, Amien," jelasnya.

Kiprah Sosok dalang lulusan SMKI Yogyakarta ini memberikan inspirasi bagi seniman muda untuk melestarikan seni budaya tradisional  memanfaatkan tehnologi informasi. Salah satu contohnya banyaknya channel youtube yang menampilkan konten pagelaran wayang kulit Ki Seno Nugroho. Sehingga banyak sekali elemen yang menerima manfaat dari kiprah dan ketenaran dalang Ki Seno Nugroho. Selamat Jalan Ki Dalang Seno Nugroho karya - karya akan abadi dikenang sepanjang masa. (Cak/Rls) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment