News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Essay Foto: Kata Wisatawan dan Ademnya Malioboro Saat Bebas Kendaraan Bermotor

Essay Foto: Kata Wisatawan dan Ademnya Malioboro Saat Bebas Kendaraan Bermotor


 Kawasan Malioboro hari ini mulai memberlakukan bebas kendaraan Selasa (3/11). (Arifin) 


WARTAJOGJA.ID: Kawasan Malioboro hari ini mulai memberlakukan bebas kendaraan hingga tanggal 15 November mendatang. Di hari pertama uji coba Malioboro bebas kendaraan ini suasana tampak lengang dari lalu lalang kendaraan.

Pantauan di lokasi, Selasa (3/11/2020), pukul 12.00 WIB tampak jalur utama masuk ke kawasan Malioboro sudah ditutup pagar besi berwarna oranye. Terlihat ada beberapa petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub), polisi dan Satpol PP mengarahkan pengendara untuk tidak melintas di kawasan tersebut.

Rekayasa arus lalu lintas ternyata dimulai dari Jalan Mataram dan jalurnya terpecah di Kleringan. Petugas mengarahkan pengendara untuk belok ke kiri (arah Malioboro) dan ke kanan untuk ke Kota Baru atau Stadion Kridosono.

Sedangkan arus lalin di Jalan Pasar Kembang menjadi satu arah ke barat hingga simpang empat Badran. Nantinya dari simpang empat itu diarahkan ke arah selatan yakni Jalan Letjen Suprapto.

Kawasan Malioboro hari ini mulai memberlakukan bebas kendaraan Selasa (3/11).(Arifin) 

“Menyenangkan melihat Malioboro tanpa kendaraan bermotor seperti ini, suasananya jadi lega, jalan-jalan lebih leluasa, bisa berfoto di manapun,” ujar Vinni, 37 tahun, wisatawan asal Bogor, Jawa Barat.

Kepuasan serupa diungkap Erik, 22 tahun, wisatawan asal Palembang, Sumatera Selatan. Menurut dia, kebijakan bebas kendaraan bermotor ini membuat Malioboro tampak lebih tertata. “Suasananya jadi seperti Malioboro tempo dulu,” ujarnya.

Jalan yang lengang dari kendaraan bermotor itu dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto ria. Mereka tampak berfoto dengan berbagai pose di tengah jalan, sementara ada juga yang terlihat sibuk memotret Malioboro tanpa kendaraan itu.

Kawasan Malioboro hari ini mulai memberlakukan bebas kendaraan Selasa (3/11).(Arifin)


Salah seorang wisatawan, Aisyah mengaku kaget karena tidak adanya kendaraan yang melintas kawasan Malioboro hari ini. Warga Bekasi, Jawa Barat ini baru pertama kali berkunjung ke Kota Gudeg dan tidak tahu ada uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor.

"Tadi pas duduk-duduk di sini (pedestarian) masih banyak kendaraan lewat, nah pas jam 12 kurang itu mulai sepi. Saya kira ada apa ternyata uji coba dari Dishub itu," kata Aisyah saat ditemui di kawasan Malioboro, Selasa (3/11/2020).

Kawasan Malioboro hari ini mulai memberlakukan bebas kendaraan Selasa (3/11).(Arifin) 


"Ya kalau seperti ini (bebas kendaraan) di Malioboro bagus ya, kan jadi lebih leluasa dan yang jelas mengurangi polusi udara," ucapnya.

Untuk diketahui, uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor ini berlangsung pada 3-15 November 2020. Penerapan Malioboro bebas kendaraan bermotor ini dilakukan dalam rangka penataan transportasi yang mendukung kawasan world heritage. (Arifin) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment