News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Begini Harapan Paguyuban Abdi Dalem Gunungkidul Untuk Bambang Wisnu Handoyo

Begini Harapan Paguyuban Abdi Dalem Gunungkidul Untuk Bambang Wisnu Handoyo




WARTAJOGJA.ID : Ada yang spesial pada pertemuan rutin Paguyuban Abdi Dalem Gunung Kidul pada hari Minggu, 22 November 2020.

"Sejak pandemi, baru kali ini diadakan pertemuan dan dilakukan latihan Mocopatan," tutur KRT Marto Sugiharjo, pangarsa (ketua) Paguyuban Abdi Dalem Gunung Kidul

"Dan latihan mocopatan Abdi Dalem Gunungkidul ini dilatih oleh KRT Projo Suasono pengajar macapat Kraton Yogyakarta.

Selama hampir 3 jam sekitar 30 Abdi Dalem menembangkan dari mijil sampai maskumambang yang berisikan sekar macapat kinarya ngadepi virus corona.

Latihan Macapat abdi dalem  kelompok Macapat Sekar Arum yang diadakan di ndalem KRT Dwijomulyoharjonodi Logandeng makin istimewa karena juga dihadiri oleh Bambang Wisnu Handoyo. 

"Kami mengundang Bapak Bambang Wisnu utk hadir mengikuti latihan macapat Abdi Dalem, beliau juga Abdi Dalem. Dan kami senang sekali Beliau bisa hadir bersama kami, " ungkap KRT Dwijomulyoharjono yang sering dipanggil Romo Mul. 

Di pertemuan dan latihan macapat Abdi Dalem tersebut Bapak Bambang Wisnu juga ikut latihan nembang bersama Mijil Sukur Yogyakarta Tetep Istimewa, Sekar Dhandhanggula slendro 9 dan Subakastawa tentang Gunung Kidul Handayani. 

Dalam pertemuan tersebut juga terjadi dialog interaktif antara Bambang Wisnu dan para Abdi Dalem mengenai UU Keistimewaan, Danais, dan nguri-nguri Kabudayan Ngayogjokarto. 




"Para Abdi Dalem adalah salah satu pilar penjaga Keistimewaan. 
melalui Abdi Dalem juga upaya pengenalan, pengembangan, dan pelestarian budaya dilakukan. 
Karena itu semua pihak dari Dukuh, Lurah, Panewu dan masyarakat mustinya bisa bersinergi dengan para Abdi Dalem. Kita harus bangga, menjaga, dan terlebih bisa menunjukkan bahwa budaya jawa khususnya budaya Ngayogjokarto itu ada manfaatnya bagi masyarakat luas," tutur Bambang Wisnu. 

Dalam pertemuan dan latihan mocopat tersebut, para abdi dalem juga menyampaikan masukan, usulan, dan harapan besar pada  Bambang Wisnu terutama bagi keberadaan, peran, dan kemanfaatan Abdi Dalem bagi masyarakat dan Daerah khususnya di Gunung Kidul. 

Latihan mocopat para Abdi Dalem ditutup dengan Kidung untuk Bambang Wisnu Handoyo dan Benyamin Sudarmadi. (Arifin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment