News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wow, UGM Raih Prestasi di Ajang ExploreSA: The Gawler Challenge 2020

Wow, UGM Raih Prestasi di Ajang ExploreSA: The Gawler Challenge 2020



WARTAJOGJA.IDSebanyak 12 mahasiswa dan alumni Teknik Geologi UGM yang tergabung dalam Tim Sparveon berhasil memenangkan kategori Best Student Prize dan meraih pendanaan sebesar AU$20,000 dalam ajang ExploreSA: The Gawler Challenge 2020.

Tim ini beranggotakan tiga mahasiswa program sarjana, Muhammad Ridwan Iyas, Eko Ridho Dinarto, dan Rahmat Alam Akbar, serta empat mahasiswa pascasarjana, Hidayatullah, Marcelinus Febbi Arismara, Lalu Aliyya Tirangga Aji Buana, dan Mradipta Lintang Alifcanta Moktikanana.

Di samping itu, lima orang alumni juga terlibat dalam tim ini, yaitu Aldaka Wiguna, Abyan Abdan, Cendi Diar Permata Dana, Pratama Hadi Nugraha, serta Nurvita Aisah.

“Dalam satu tim ini yang berkompetisi adalah mahasiswa aktif, namun dalam pengerjaanya dibimbing oleh alumni,” ucap Hidayatullah.

Kompetisi ini sendiri diselenggarakan oleh Unearthed dan Department for Energy and Mining, Government of South Australia, pada 2 Maret – 31 Juli 2020, dan diikuti oleh lebih dari 100 negara dari seluruh penjuru dunia.

Proses seleksi pemenang dari kompetisi ini dilakukan secara online. Peserta kompetisi ini, terang Hidayatullah, memiliki berbagai latar belakang, baik mahasiswa maupun profesional.

Dengan total peserta lebih dari dua ribu, kompetisi ini memberikan tantangan bagi seluruh peserta untuk mengembangkan inovasi baru menggunakan machine learning dengan data yang disediakan dalam mengidentifikasi lokasi potensial sumber daya mineral di daerah Gawler Craton, South Australia menggunakan berbagai macam pendekatan.

“Produk yang kami submit berupa program machine learning dengan outputnya berupa peta sebaran potensi mineral logam di South Australia,” terangnya.

Setiap peserta diwajibkan membuat technical report yang menjelaskan secara detail pengerjaan yang dilakukan, digital submission atau model machine learning yang dihasilkan untuk prediksi daerah potensi, dan video singkat yang menjelaskan poin-poin penting dalam hasil pengerjaan yang akan dinilai oleh panel juri yang ditentukan oleh panitia.

Hidayatullah menjelaskan program yang dirancang timnya mampu memprediksi lokasi yang memiliki potensi mineral logam secara cepat dari integritas data yang diinput seperti data geologi, data geofisika, data geokimia, drillhole, dan data remote sensing.

Program ini, imbuhnya, mulai dikembangkan pada awal April 2020, setelah semua data yang akan dijadikan parameter input diidentifikasi, diklasifikasi dan dievaluasi oleh tim geoscience.

“Untuk aplikasi dari program ini lebih ke industri karena program yang kami buat ini mempermudah kegiatan eksplorasi mineral logam di sektor pertambangan mineral,” terangnya. (Sin/Bre) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment