News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Siapkan Siswa SMK Masuki Dunia Kerja, Dosen UAD Beri Pelatihan Soft Skill

Siapkan Siswa SMK Masuki Dunia Kerja, Dosen UAD Beri Pelatihan Soft Skill


Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang tergabung dalam Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) menginisiasi program pelatihan kesiapan kerja (employability skill), di SMKN 1, Sedayu, Bantul


WARTAJOGJA.ID : Untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan soft skill siswa SMK sebagai bekal memasuki dunia kerja, Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang tergabung dalam Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) menginisiasi program pelatihan kesiapan kerja (employability skill), di SMKN 1, Sedayu, Bantul, Rabu (21/10) dan Kamis (22/10). Dihadiri oleh kepala sekolah, siswa kelas XII, dan guru pendamping.

Tim PPM UAD yakni Koordinator Dr. Fatwa Tentama, M.Si., dibantu Bagus Gumelar, MM., Siti Kurnia Widi Hastuti, MPH., Ahmad Rizal Solihudin, MBA., Dr. Surahma Asti Mulasari, M.Kes., Rokhmayanti, MPH., Tri Wahyuni Sukesi, MPH., dan Sulistyawati, MPH.

Bagus Gumelar menyampaikan, lulusan SMK memang disiapkan untuk langsung bekerja. Artinya mereka harus memiliki kompetensi yang baik. Hard skill dan soft skill harus saling melengkapi sehingga tidak boleh diabaikan salah satunya.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill yang dibutuhkan oleh lulusan SMK di pasar kerja,” kata Bagus Gumelar.

Fatwa Tentama menuturkan, materi pelatihan ini sangat penting dimiliki oleh setiap siswa SMK menjelang kelulusannya. Sebab saat ini persaingan di dunia kerja sangat ketat.



"Banyak aspek yang akan menentukan berhasil tidaknya lulusan SMK mendapatkan pekerjaan, dan saat menjalani pekerjaannya. Salah satunya adalah aspek soft skill," ujar Fatwa Tentama.

Hari pertama, kata Fatwa Tentama, materi yang disampaikan meliputi pelatihan adaptasi, pelatihan manajerial, pelatihan wirausaha, dan pendidikan anti korupsi dan narkoba.

"Hari kedua materi yang disampaikan meliputi pelatihan motivasi, pelatihan komunikasi, pelatihan kedisiplinan dan tanggung jawab, dan pelatihan kemandirian," ungkap Fatwa Tentama.

Menurut Fatwa Tentama, permasalahan soft skill memang seringkali terabaikan. Dan belum diberikan secara maksimal kepada siswa SMK. (Rio Ardian)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment