News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PT KAI Daop 6 Tambah Perjalanan Kereta Api Saat Libur Panjang

PT KAI Daop 6 Tambah Perjalanan Kereta Api Saat Libur Panjang



WARTAJOGJA.ID :Menjelang libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama pada 28 Oktober sampai 1 November 2020, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta akan menambah perjalanan Kereta Api (KA).

Penambahan perjalanan Kereta Api itu penting, mengingat pada libur Long Weekend 28 Oktober sampai 1 November 2020, jumlah penumpang Kereta Api di wilayah Daop 6 Yogyakarta menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto Selasa (27/10).

Ia mengungkapkan, untuk memenuhi permintaan pelanggan yang meningkat PT KAI Daop 6 Yogyakarta pada libur Long Weekend esok pagi akan menambah perjalanan KA. 

Dengan begitu, lanjut Eko Budiyanto, akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat. 

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto juga mengungkapkan, PT KAI (Persero) Daop 6 akan mengoperasikan sebanyak 12 KA jarak jauh keberangkatan dari wilayah Daop 6. 

Adapun 12 Kereta Api jarak jauh yang akan beroperasi dari wilayah Daop 6 Yogyakarta antara lain; Kereta Api Argo Lawu, Taksaka, Argo Dwipangga, Argo Lawu Fakultatif, Taksaka Fakultatif, Mataram, Bogowonto, Gajahwong, Senja Utama Yogyakarta, Joglosemarkerto, Bengawan, dan Kereta Api Sritanjung. 

Selain itu, lanjut Eko, terdapat berbagai Kereta Api lain yang juga melintas di wilayah Daop 6 dan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian menuju ke berbagai kota tujuan antara lain; Kereta Api Argo Wilis, Bima, Turangga, Sembrani, Gajayana, Mutiara Selatan, Malabar, Brantas, Ranggajati, Jayakarta, Matarmaja, Kahuripan, Wijaya Kusuma, dan berbagai Kereta Api lainnya. 

Di samping itu, PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan 4 Perjalanan KA Bandara YIA untuk memfasilitasi penumpang yang akan bepergian menuju Bandara YIA dari Stasiun Yogyakarta maupun Stasiun Kebumen. 

“Dari Stasiun Besar Yogyakarta dioperasikan 2 perjalanan KA Bandara menuju Wojo hingga Kebumen, dan dari Stasiun Kebumen dioperasikan 2 perjalanan KA Bandara menuju Wojo hingga Yogyakarta untuk mengakomodir masyarakat yang memanfaatkan penerbangan dari YIA,” jelas Eko Budiyanto. 

Tiket KA Long Weekend libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. 

Dapatkan Railpoint dari setiap pembelian tiket KA Jarak Jauh Komersial dengan melakukan registrasi pada aplikasi KAI Access versi terbaru. Selain itu, dengan melakukan transaksi tiket KA di aplikasi KAI Access, pelanggan dapat langsung memesan Taksi Bluebird untuk melanjutkan perjalanan dari stasiun kedatangan ke tujuan akhir secara praktis. 

“KAI tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan pada libur Long Weekend. Protokol tersebut seperti pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). 

Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia,” tegas Eko Budiyanto menjelaskan. 

Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, KAI Daop 6 menyediakan layanan rapid test di 2 Stasiun, yaitu Stasiun Yogyakarta dan Solobalapan. Eko Budiyanto juga menghimbau, agar para calon penumpang melakukan rapid test 1 hari sebelum keberangkatan untuk mencegah antrian. 

Konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kereta api telah diakui dengan diperolehnya Safe Guard Label SIBV. Safe Guard Label SIBV ini, menurut Eko, telah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor Bureau Veritas, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Eko Budiyanto juga mengatakan, masyarakat tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan berbagai layanan KAI, karena KAI telah dispilin dalam menerapkan protokol kesehatan. Ia berharap minat masyarakat untuk menggunakan kereta api kembali seperti sebelum adanya pandemi. 

“Perjalanan KA libur long weekend ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Selain itu kami juga menghimbau para penumpang agar datang lebih awal ke Stasiun untuk menghindari kepadatan lalu lintas dikarenakan adanya libur long weekend ini,” tutup Eko. (***)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment