News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PKKMB AKS-AKK Bimbing Maba Rencanakan Studi dan Menata Karir

PKKMB AKS-AKK Bimbing Maba Rencanakan Studi dan Menata Karir


Akademi Kesejahteraan Sosial AKK (AKS-AKK) Yogyakarta gelar PKKMB secara daring, Senin- Rabu (28-30/9).


WARTAJOGJA.ID: Untuk mewujudkan perilaku mahasiswa baru (maba) yang adaptif, inovatif, dan berintegritas di era new normal, Akademi Kesejahteraan Sosial AKK (AKS-AKK) Yogyakarta melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara daring, Senin (28/9) sampai Rabu (30/9). 

Diikuti oleh 107 Maba dan 2 Mahasiswa lama, dari Prodi Seni Kuliner atau Culinary Art Desain Busana atau Fashion Design, dan Tata Rias atau Cosmetology AKS-AKK.

Direktur AKS-AKK Dra Prihatin Saraswati MA dalam pemaparannya mengungkapkan kepada maba tentang visi dan misi AKS-AKK. Yakni menjadi akademi yang berperan aktif dalam pengembangan sumberdaya nasional di bidang Seni Kuliner, desain Busana, dan Tata Rias berbasis budaya dan kearifan lokal, melalui pelaksanaan Tridarma PT, pada tahun 2025.

Saraswati mengharapkan, PKKMB bisa membangun atmosfir akademik lintas budaya di AKS-AKK. Dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi, informasi, dan komunikasi, maba diharapkan menjadi lulusan yang memiliki integritas, kompetensi, jiwa kewirausahaan, dan daya saing nasional untuk berkiprah di tingkat global. 

Lulusan AKS-AKK harus mampu menghasilkan karya ilmiah, karya seni, dan produk inovasi yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung pembangunan ekonomi nasional.

"Juga ikut berperan mengembangkan budaya lokal yang memperkuat keanekaragaman budaya nusantara," ujar Saraswati, melalui keterangan tertulis, Sabtu (3/10).

Saraswat menuturkan, saat ini pembelajaran daring menjadi keharusan selama Oktober sampai November 2020. Untuk praktikum yang mengharuskan aktivitas tatap muka, sesuai anjuran pemerintah, AKS-AKK menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19 secara ketat dalam pembelajaran blanded learning Desember 2020 hingga Februari 2021. 

Ditegaskan Saraswati, walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, AKS-AKK tetap mengadakan MoU kerja sama dengan berbagai institusi baik di dalam maupun luar negeri. 

"Hal ini untuk kepentingan magang mahasiswa, dan mengenalkan dunia industri dan peluang kerjanya sejak awal kepada mereka. Walaupun selama ini 90 persen lulusan AKS-AKK memilih untuk menjadi entrepreneur," ungkap Saraswati.

Selanjutnya, Pembantu Direktur Bidang Akademik AKS-AKK Nur Wahyuni SPd MPd yang juga Dosen Prodi Seni Kuliner atau Culinary Art AKS-AKK dalam pemaparannya tentang sistem administrasi akademik menjelaskan maba harus memiliki perencanaan studi agar bisa menata karir dan memiliki gambaran yang jelas tentang masa depannya.

"Ingin menjadi wirausahawan atau meniti karir di Industri atau Instansi, bisa di dalam maupun luar negeri," terang Yuyun, sapaannya.

Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan AKS-AKK Teti Kuswati SSos MM yang juga Prodi Tata Rias atau Cosmetology AKS-AKK menyampaikan, PKKMB hari kedua dibuka dengan ucapan selamat datang kepada maba AKS-AKK dari Ketua Yayasan Samodra Ilmu Cendekia (YSIC) Drs H Soenarto Sulaiman MM.

"Dilanjutkan dengan pemateri dari L2Dikti V Wilayah V Yogyakarta yang memaparkan tentang sistem pendidikan dan perguruan tinggi di Indonesia di era Revolusi Industri 4.0 dan adaptasi kebiasan baru (AKB) atau new normal di masa pandemi Covid-19," jelas Teti.

Selanjutnya Kapolsek Umbulharjo melalui penjabarannya menanamkan kesadaran bela negara kepada maba. Juga memberikan pembinaan tentang kehidupan berbangsa dan bernegara, dan Gerakan Revolusi Mental. Dilanjutkan penjelasan tentang UU ITE. Kemudian ditutup dengan uraian materi untuk memberikan wawasan kesadaran lingkungan hidup dan kesiapsiagaan bencana di lingkungan kampus kepada maba oleh BPBD DIY.

Teti Kuswati menuturkan, PKKMB hari ketiga maba menyimak pemaparan tentang kegiatan kemahasiswaan yang bisa diikuti selama menempuh studi di AKS-AKK.

"Kemudian juga masing-masing kaprodi menjelaskan tentang kurikulum pendidikan dan karakteristik dari setiap prodi," kata Teti Kuswati.

Yakni dari Pembantu Direktur Bidang SDM dan Keuangan Dra Yosephine Flori Setiarini MPd yang juga Dosen Prodi Desain Busana atau Apparel/Fashion Design AKS-AKK, kemudian dari Teti Kuswati sendiri. Lalu ada penjelasan dari Kaprodi Desain Busana atau Apparel/Fashion Design AKS-AKK Dra Titin Prihatini MPd, Kaprodi Seni Kuliner atau Culinary Art AKS-AKK Titik Sulistyani SPd MM, dan dilanjutkan oleh Kaprodi Tata Rias atau Cosmetology AKS-AKK Dra Herina Yuwati MPd.
(Rio Ardian)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment