News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kantor Swasta Di Sleman Jadi Pusat Penularan Baru, 62 Orang Positif Covid-19 

Kantor Swasta Di Sleman Jadi Pusat Penularan Baru, 62 Orang Positif Covid-19 




WARTAJOGJA.ID : Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta mengungkap kembali adanya penularan massal yang berasal dari sebuah kantor swasta di kawasan Jalan Yogya-Solo atau Jalan Laksda Adisutjipto Sleman Yogyakarta Senin 12 Oktober 2020.

Sebanyak 62 orang terkait kontak erat dari kantor yang bergerak di bidang jasa tersebut, baik berasal dari wilayah Yogya maupun luar Yogya, dinyatakan positif Covid-19.

“Dari laporan Dinas Kesehatan Sleman total yang tertular ada 62 kasus, namun domisili pasiennya tidak hanya dari DI Yogyakarta, ada juga yang dari luar Yogya,” ujar juru bicara gugus penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih Senin 12 Oktober 2020.

Meskipun dari laporan itu tercatat 62 orang positif, namun Berty menyatakan data yang dicatat pihak Pemda DI Yogyakarta hanyalah mereka yang berdomisili di DI Yogyakarta yakni sebanyak 38 orang.

“Sehingga kami memang notifikasikan ke daerah asal (yang tertular), termasuk yang domisili di luar kabupaten Sleman tapi masih di dalam provinsi DI Yogyakarta,” ujarnya.

Berty menuturkan terungkapnya kasus itu setelah dilakukan tracing lanjutan dari Dinas Kesehatan Sleman pada 38 orang orang kontak erat dari kantor itu domisilinya tersebar. Baik di Kabupaten Sleman, Bantul dan Kota Yogyakarta.

Tracing lanjutan itu dilakukan pasca temuan kasus adanya seorang karyawan di kantor yang diperkirakan memiliki 500 pekerja itu melakukan uji swab mandiri pasca mendapat gejala batuk dan pilek. Karyawan itu kemudian dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis 8 Oktober 2020 lalu.

“Kami sendiri belum mendapat informasi lanjut apakah dari 62 yang positif itu semuanya berstatus karyawan atau bukan. Ini baru hasil tracing sementara karena masih berlanjut,” ujar Berty.

“Tidak menutup kemungkinan 62 orang itu juga berasal dari kontak erat selain karyawan di perusahaan tersebut,” Berty menambahkan.

Pada Senin ini, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY mencatat total ada 43 kasus positif yang muncul sehingga kumulatif menjadi 3.107 kasus. Kesembuhan kasus DIY mengalami kenaikan setelah adanya tambahan 84 kasus sehingga total kesembuhan ada 2.357 orang.

Hari ini juga dilaporkan adanya satu kasus kematian pasien positif seorang warga Sleman dengan penyakit bawaan Bronkitis Kronis. Sehingga jumlah pasien positif meninggal dunia di DI Yogyakarta menjadi 80 orang. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment