News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dosen UPNVY Dorong Lahirnya Wisata Agro di Dieng

Dosen UPNVY Dorong Lahirnya Wisata Agro di Dieng


Tim Dosen UPNVY melaksanakan pengabdian masyarakat bekerja sama dengan mitra Kelompok Tani Perkasa di dataran tinggi Dieng


WARTAJOGJA.ID : Untuk memberdayakan masyarakat melalui pariwisata berbasis masyarakat yakni wisata agro, Tim Dosen UPNVY melaksanakan pengabdian masyarakat bekerja sama dengan mitra Kelompok Tani Perkasa di dataran tinggi Dieng, desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara, Juli hingga September 2020 lalu.

Tim Dosen UPNVY yang diketuai oleh Dr. Dyah Sugandini, SE, M.Si, beranggotakan Abdul Ghofar, SE, M.Si, dan Muhamad Kundarto, SP, MP, memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan keripik berbasis sayur-sayuran komoditas lokal

Dyah Sugandini menyampaikan, Tim juga memberikan pelatihan dan pendampingan pariwisata agro. yakni tentang pemanfaatan lahan sebagai obyek wisata agro.

"Selanjutnya ada pelatihan mengelola  home stay," ujar Dyah Sugandini, melalui keterangan tertulis, Senin (19/10).

Menurut Dyah Sugandini, kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang makanan berbasis  sayuran, terutama komoditas  lokal.

"Masyarakat sekarang sudah bisa mengelola home stay mereka sendiri, yang dikolaborasikan dengan wisata berbasis agro," ungkap Dyah Sugandini.

Tim Dosen UPNVY juga memberikan buku panduan untuk pembuatan dan pengelolaan wisata agro.

"Saat ini sampai akhir tahun kami masih melakukan pendampingan kepada Kelompok Tani Perkasa tentang pembuatan wisata agro," terang Dyah Sugandini.

Dyah Sugandini menuturkan, Tim Dosen UPNVY sudah memetakan potensi desa wisata berbasis agro untuk masyarakat setempat. Wisata agro yang sedang diinisiasi adalah memetik strawberry. Selanjutnya wisata agro belanja sayuran dengan cara memetik sayur sendiri ini bisa dikembangkan untuk produk hasil pertanian lainnya seperti kentang dan wortel.

"Jadi memaksimalkan potensi lain dari hasil bumi, tidak hanya mengandalkan harga jual dari komoditas sayuran yang nilainya sangat fluktuatif," jelas Dyah Sugandini.

Ketua Kelompok Tani Perkasa Mudasir sangat bersyukur dengan adanya kegiatan pengabdian dari Tim Dosen UPNVY ini. 

"Harapannya tingkat kesejahteraan dan perekonomian masyarakat bisa lebih terangkat setelah diberdayakan dan memperoleh banyak pengetahuan baru," kata Mudasir. (Rio Ardian)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment