News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ciptakan Madrasah Sehat, Dosen UAD Edukasi PHBS di TPA Depok Sleman

Ciptakan Madrasah Sehat, Dosen UAD Edukasi PHBS di TPA Depok Sleman


Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengedukasi kesehatan kepada santri, wali santri, dan pengajar di TPA Depok, Sleman


WARTAJOGJA.ID : Untuk memberikan dasar-dasar pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang tergabung dalam Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melaksanakan kegiatan edukasi kesehatan kepada santri, wali santri, dan pengajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), di Depok, Sleman, 25 September sampai 12 Oktober 2020 lalu.

Feri Budi Setyawan, S.Pd., M.Pd. menyampaikan, target semula peserta kegiatan program PKM ini adalah lima TPA di wilayah Depok Sleman. Akan tetapi ditengah kondisi pandemi Covid-19 seperti ini, berkurang menjadi tiga TPA saja. Yakni TPA Permata, TPA Nurul Iman, dan TPA Al-Qonaah.

"Kegiatan ini berbentuk ceramah mengenai pendidikan kesehatan, diskusi tanya-jawab dengan para santri, wali santri, dan pengajar, unjuk kerja dalam praktek budaya kesehatan, dan self and group reflection mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Feri Budi, melalui keterangan tertulis, Selasa (20/10/2020).

Menurut Feri Budi, kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengetahuan pendidikan kesehatan di TPA. Maka, kegiatan ini bertujuan untuk meluruskan pemahaman pentingnya pendidikan kesehatan seperti sekarang ini. Kita semua tahu bahwa kesehatan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan tidak terkecuali di TPA.


Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengedukasi kesehatan kepada santri, wali santri, dan pengajar di TPA Depok, Sleman


"Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan tambahan wawasan kepada santri, wali santri, dan para pengajar di TPA, tentang cara dan pentingnya menjaga kesehatan terutama saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini," ungkap Feri Budi.

Suyitno, S.Pd., M.Pd. mengingatkan bahwa saat pandemi Covid-19, kesehatan menjadi prioritas utama yang sehingga edukasi PHBS menjadi sangat penting, maka harus disosialisasikan secara lebih massif. Diakui, segala sektor terkena dampak dari pandemi ini. Tidak terkecuali sektor pendidikan, salah satunya TPA.

"Kami berkeyakinan, TPA mempunyai peran penting dalam edukasi dan menyosialisasikan hidup sehat pada masa new normal ini," terang Suyitno.

Suyitno menuturkan, kegiatan edukasi kesehatan berjalan dengan lancar, dan Tim PKM akan melakukan pengawasan secara berkelanjutan sehingga maksud dan tujuan kegiatan dapat betul-betul tercapai. (Rio Ardian)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment